PENERAPAN STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS DALAM UPAYA MENINGKATKAN PENJUALAN USAHA OIKU

Novita Permata Sari, Haryanto Tanuwijaya, Sri Suhandiah, Achmad Yanu Alif Fianto

Abstract


        Oiku merupakan usaha minuman yang bergerak di bidang kuliner yaitu minuman. Usaha Oiku menjual minuman dengan berbagai varian rasa coklat, teh dan berbagai varian lainnya. Produk Oiku dikemas dengan berbagai kemasan antara lain botol, gelas dan zipper pouch. Adanya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang membuat beberapa tempat yang berkerja sama dengan Oiku terpaksa untuk tidak menerima titipan atau beberapa tempat juga tutup sehingga Oiku mengalami penurunan penjualan.Upaya implementasi dalam pengembangan bisnis ini yaitu dengan menggunakan metode analisa SWOT, Business plan dan Business Model Canvas (BMC). Pembuatan BMC membantu pemilik usaha dalam merancang rencana bisnis. Dalam pengimplementasian pada usaha Oiku, strategi yang telah dibuat tidak dapat dijalankan sepenuhnya. Kendala yang dialami saat menjalankan strategi diantaranya kurangnya tempat untuk membantu penjualan, kurang maksimalnya strategi dalam menaikan performa di e-commerce dan grabfood dan penjualan secara indirect belum dapat di jalankan karena masih adanya peraturan PSBB. Sehingga penjualan yang dilakukan tidak mengalami kenaikan atau tidak sesuai target penjualan. Target dalam penjualan Oiku berdasarkan BEP yang telah dihitung sebelumnya yaitu Rp 6.954.545 perbulan sehingga dapat disimulasikan dapan mencapai Rp 83.545.540 per tahunnya.  Pada saat ini penjualan Oiku mencapai Rp 22.953.000 pertahunnya.  Penjualan yang dicapai Oiku yaitu sebesar 36% dari target penjualan yang diharapkan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.