IMPLEMENTASI BUSINESS PLAN UNTUK MENGEMBANGKAN BISNIS MASKER KAIN MOTIF PADA INKAIN

Raissa Abitha Daniswara, Haryanto Tanuwijaya, Achmad Yanu Alif Fianto

Abstract


Bisnis INKAIN merupakan sebuah bisnis yang memproduksi masker kain motif yang didesain untuk kalangan remaja ataupun dewasa. Pendirian bisnis INKAIN ini bertujuan untuk mengimplementasikan sebuah bisnis dengan menggunakan analisis SWOT, Studi Kelayakan Bisnis, Business Model Canvas (BMC) dan Business Plan. Analisis SWOT menghasilkan keadaan lingkungan bisnis saat ini, seperti kekuatan, kelemahan, peluang dan ancaman dari bisnis INKAIN. Studi Kelayakan Bisnis sebagai studi tentang kelayakan suatu proyek atau rencana bisnis dengan mempertimbangkan risiko yang mungkin terjadi dan manfaat yang akan diperoleh. Business Model Canvas menghasilkan pendekatan yang dapat membantu suatu bisnis untuk merencang rencana bisnis. Business Plan menghasilkan perencanaan bisnis seperti rencana legalitas hukum, yang terdiri dari NPWP, NIB, Surat Izin Usaha, dan SIUP. Rencana pemasaran dengan menggunakan strategi STP dan marketing mix.  Rencana operasional yang terdiri dari timeline kegiatan, struktur organisasi, dan spesifikasi jabatan. Rencana keuangan selama 1 (satu) bulan pelaksanaan implementasi bisnis menghasilkan laba usaha sebesar Rp 3.375.000.


References


Bustami, B., & Nurlela. (2013). Akuntansi Biaya (Empat). Mitra Wacana Media.

Choliq, A. (2004). Pengertian Payback Period. https://gurubelajarku.com/payback-period/

Effendi, U. (2014). Asas Manajemen. Rajawali Press.

Ferrel, O. C., & Hartline, M. D. (2005). Marketing Strategy. Thomson Corporation.

Ibrahim, Y. (2003). Studi Kelayakan Bisnis. Rineka Cipta.

Kasmir dan Jakfar. (2003). Studi Kelayakan Bisnis (Edisi Revisi). Kencana.

Matz, A., F, M., Usry, & Hammer, L. H. (1995). Cost Accounting : Planning and Control (A. Sirait (ed.); Kesembilan). Erlangga.

Megginson, L. C. M., Byrd, M. J., & Megginson, W. L. (2000). Small Business Management: An Entrepreneur’s Guidebook. Third Ed. Irwin McGrawHill.

Munawir, D. S. (2010). Analisa Laporan Keuangan. Liberty.

Osterwalder, A., & Pigneur, Y. (2010). Business Model Generation. John Wiley & Sons, Inc.

Pasaribu, H. F. (2018). Penerapan Analisis SWOT dalam Strategi Pemasaran pada PT. Arma Anugerah Abadi Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Putri, M. A. T. P. (2021). Limbah Masker Sekali Pakai Ancam Habitat Hewan. https://lifestyle.kompas.com/read/2021/02/06/131705720/limbah-%09masker-sekali-pakai-ancam-habitat-hewan?page=all#page2.

Rangkuti, F. (2009). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama.

Tjiptono, F. (2008). Strategi Pemasaran Edisi 3. Andi.

Wikipedia. (2021). Analisis SWOT. https://id.wikipedia.org/wiki/Analisis_SWOT


Refbacks

  • There are currently no refbacks.