PERANCANGAN VIDEO PROMOSI KAMPUNG LAWANG SEKETENG SEBAGAI UPAYA MENGENALKAN DESTINASI WISATA BERSEJARAH KOTA SURABAYA

Otniel Gihon Havenusany, Dhika Yuan Yurisma, Siswo Martono

Abstract


Target penelitian ini merupakan perancangan sebuah video yang membantu dalam promosi wisata Kampung Lawang Seketeng. Permasalahan yang ditemui pada penelitian ini adalah banyak orang yang belum mengetahui tentang wisata yang ada di Kampung Lawang Seketeng. Metode penelitian kualitatif dipilih oleh peneliti sebagai pendekatan untuk memperoleh data yang diperlukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta studi literatur terhadap Kampung Lawang Seketeng. Konsep “Historic” adalah yang diangkat dalam penelitian ini dan memiliki tujuan untuk menunjukkan bangunan dan benda peninggalan disana yang memiliki nilai sejarah. Sehingga dilakukan perancangan media promosi dengan video promosi yang menjadi upaya penunjang potensi wisata cagar budaya kota Surabaya. Mengusung konsep yang diperoleh dari Key Communication Message, “Heritage” yang menonjolkan sejarah warisan dari masa lampau kejadian dan kehidupan pada Kampung Lawang Seketeng. Konsep heritage yang dimaksud adalah yang mengacu pada pelestarian dan perayaan warisan budaya, sejarah, atau pribadi melalui media video. Ini melibatkan menangkap, mendokumentasikan, dan berbagi cerita, tradisi, landmark, artefak, atau peristiwa yang memiliki arti penting bagi komunitas, keluarga, atau individu tertentu.

Kata kunci: Videografi, Video Promosi, Kampung Lawang Seketeng, Kota Surabaya


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id