PERANCANGAN MOTION GRAPHIC SEBAGAI MEDIA EDUKASI PADA REMAJA DEWASA USIA 17-35 TAHUN TENTANG PELANGGARAN PARKIR DI SURABAYA

Alif Apriyadi, Karsam Karsam, Hardman Budiharjo

Abstract


Parkir sembarangan merupakan tindakan yang tidak tepat dan dapat mengakibatkan kerugian bagi diri sendiri maupun orang lain. Kesadaran masyarakat mengenai pentingnya parkir yang teratur dan benar masih terbilang rendah, karena seringkali mereka mengabaikan rambu-rambu yang ada. Pelanggaran parkir biasanya terjadi karena motif pribadi atau hanya karena keperluan sebentar, serta karena adanya petugas parkir tidak resmi. Kehadiran petugas parkir tidak resmi ini kerap mengganggu masyarakat karena adanya praktik pungutan liar, sebab mereka tidak memiliki izin resmi dari otoritas atau pemilik usaha di tempat tersebut. Oleh karena itu, perlu adanya informasi dan edukasi yang disampaikan kepada masyarakat. Media yang digunakan untuk memberikan informasi tersebut adalah motion graphic. Penelitian ini bertujuan untuk merancang motion graphic sebagai sarana edukasi mengenai pelanggaran parkir bagi pengendara berusia antara 17-35 tahun. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini untuk mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Diharapkan bahwa perancangan motion graphic ini dapat membantu menyebarkan informasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai tata cara parkir yang benar dan tertib.

Kata kunci: Edukasi, Parkir, Motion Graphic


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id