PERANCANGAN DESTINATION BRANDING DESA WISATA DALEGAN KABUPATEN GRESIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Amilia Agustina, Muhammad Bahruddin, Fenty Fahminnansih

Abstract


Desa Dalegan adalah sebuah desa di bagian utara Kabupaten Gresik, Jawa Timur, Indonesia. Wilayahnya berada di Kecamatan Panceng dan berbatasan dengan beberapa desa tetangga. Desa Dalegan memiliki potensi wisata yang meliputi Pantai Dalegan, sumber daya alam laut berupa ikan asap, dan pohon siwalan yang dapat diolah menjadi minuman legen. Namun, promosi dan informasi mengenai potensi-potensi ini masih terbatas, sehingga potensi lainnya belum banyak dikenal oleh masyarakat. Pemerintah desa telah bekerja sama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gresik, tetapi pengembangan potensi masih belum maksimal. Penelitian ini dilakukan untuk mengenalkan potensi desa melalui perancangan destination branding Desa Dalegan untuk meningkatkan brand awarness ke tahap brand recall agar potensi desa lebih dikenal dan diingat oleh masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Dari hasil analisi peneliti mendapatkan kata kunci "Fascinating" yang menggambarkan bahwa Desa Dalegan memiliki sesuatu yang menarik, menakjubkan, dan memikat perhatian para wisatawan. Perancangan ini meliputi logo dan media promosi seperti x-banner, brosur, media sosial, video promosi, serta merchandise seperti kaos, mug, gantungan kunci, pin, dan sticker.    Kata kunci: Destination Branding, Desa Dalegan, Brand Awarness

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id