PERANCANGAN CARD GAME SEBAGAI MEDIA INTERAKTIF PENERAPAN 5R OF ZERO WASTE UNTUK REMAJA USIA 12 – 16 TAHUN

Muhammad Bagas Ajitama Nugroho, Siswo Martono, Setya Putri Erdiana

Abstract


Tugas akhir ini berfokus pada perancangan sebuah card game sebagai media interaktif yang bertujuan untuk mengajarkan konsep 5R of zero waste kepada remaja berusia 12-16 tahun. Card game yang dirancang ini merupakan sebuah permainan sederhana yang melibatkan pemain untuk memilih kartu yang berisi tindakan yang dapat dilakukan untuk menerapkan konsep 5R, seperti refuse (menolak), reduce (mengurangi), reuse (menggunakan kembali), recycle (mendaur ulang), dan rot (membusukkan). Dalam penelitian ini, dilakukan analisis terhadap perilaku konsumsi remaja dalam hal pengelolaan sampah. Selain itu, dilakukan juga analisis terhadap game-game serupa yang sudah ada sebagai bahan referensi dalam perancangan game ini. Selanjutnya, dilakukan
tahap desain game dan implementasi, serta pengujian game melalui uji coba terhadap sekelompok remaja sebagai target pengguna. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perancangan card game sebagai media interaktif dapat menjadi alternatif yang efektif dalam mengajarkan konsep 5R of zero waste kepada remaja. Selain itu, game ini juga dinilai cukup menarik dan menyenangkan oleh target pengguna, sehingga dapat meningkatkan motivasi mereka dalam menerapkan konsep 5R dalam kehidupan sehari-hari. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat menjadi sumbangan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya remaja, dalam mengelola sampah secara
berkelanjutan.


Kata kunci: Media Interaktif, 5R Of Zero Waste, Card Game


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id