PERANCANGAN PERMAINAN INTERAKTIF BERBENTUK ACTIVITY PACK SEBAGAI MEDIA PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-6 TAHUN

Ghozi Alfani Dimas Anggriawan, Muhammad Bahruddin, Fenty Fahminnansih

Abstract


Saat ini, orang tua terkadang mengandalkan gadget sebagai sarana tumbuh kembang anaknya sehingga tidak menyadari dampak perubahan yang terjadi, anak kurang memperhatikan lingkungan sekitar dan kurang mampu melakukan aktivitas motorik secara optimal terutama motorik halus, selain itu aktivitas yang mengembangkan motorik halus anak sering terjebak pada kegiatan teoritis. Itu membuat aktivitas menjadi monoton. Oleh sebab itu dibutuhkan alat bermain untuk meningkatkan kreativitas dan kerja sama anak-anak serta memperkuat nilai-nilai sosial mereka. Faktor yang merangsang minat anak terhadap permainan adalah permainan yang sesuai dengan kepribadian usia tersebut seperti unsur warna, bentuk mainan dan character yang menarik sehingga mudah diingat oleh anak. Fasilitas bermain ini bertujuan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus anak di masa mendatang. Solusi dari permasalahan tersebut adalah dengan membuat pembelajaran permainan anak dalam bentuk Activity Pack. Model pembelajaran ini berbasis Game-Based Learning, artinya pembelajaran yang menggunakan permainan yang dirancang khusus untuk mendukung proses pembelajaran sehingga berdampak secara kognitif dan emosional. Pemilihan bahan, bentuk, dan warna yang digunakan dalam permainan ini telah disesuaikan dengan karakteristik anak TK usia 4 sampai 6 tahun.

Kata kunci: Motorik Halus, Permainan Interaktif, Activity Pack


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id