PERANCANGAN VIDEO PROMOSI YUSSAR FISHING AND PLAYGROUND DI SIDOARJO DENGAN TEKNIK NATURAL FRAMING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MINAT PENGUNJUNG
Abstract
Yussar Fishing and Playground merupakan salah satu tempat wisata yang berada di Desa Kalidawir Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Tempat wisata ini memiliki luas 4 hektar dan diresmikan pada bulan Juni tahun 2021 dengan menyuguhkan suasana alam yang asri dan memiliki beragam wahana serta fasilitas. Hasil wawancara dengan pengelola Yussar Fishing and Playground, diperoleh data yang menunjukkan naik turunnya jumlah pengunjung pada tahun 2022. Pada bulan januari jumlah pengunjung mengalami kenaikan karena libur tahun baru, namun turun signifikan pada bulan februari hingga april. Jumlah pengunjung kembali meningkat pada bulan mei hingga september namun mulai turun pada bulan oktober. Selain karena minimnya event, penurunan jumlah pengunjung disebabkan karena kurangnya media promosi. Yussar Fishing and Playground hanya mengandalkan sebuah website dan Instagram sebagai media promosinya. Oleh karena itu, dengan tujuan untuk meningkatkan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Yussar Fishing and Playground, perlu adanya sebuah rancangan promosi sebagai upaya meningkatkan minat pengunjung. Video promosi merupakan salah satu media promosi yang cukup baik dalam penerapannya sebagai upaya meningkatkan minat pengunjung karena berbentuk audio visual sehingga lebih mudah dipahami oleh audience. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Hasil dari penelitian ini berupa video promosi Yussar Fishing and Playground yang di-upload di platform YouTube dan TikTok serta media pendukung berupa x-banner, t-shirt, mug, dan gantungan kunci.
Kata Kunci : Wisata, pemancingan, playground, video, promosi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher : Universitas Dinamika
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id