PERANCANGAN BOARD GAME EDUKASI BERBASIS FAMILY GAMES TENTANG REDUCE, REUSE DAN RECYCLE UNTUK ANAK-ANAK UMUR 9 – 12 TAHUN

Aditya Anshaar Waluyo, Dhika Yuan Yurisma, Karsam Karsam

Abstract


Dibuatnya penelitian ini berawal dari permasalahan data sampah yang terus meningkat setiap tahunnya yang membuat Bumi kita menjadi rusak jika terus seperti ini dan imbasnya akan balike manusia itu sendiri. Riset membuktikan bahwa jika sampah diproses dengan 3R yaitu reduce, reuse dan recycle maka peningkatan sampah setiap tahunnya akan berkurang. Maka dari itu peneliti ingin memberi edukasi seputar 3R ini kepada masyarakat khususnya anak-anak umur 9 – 12 tahun. Tokoh-tokoh psikolog menyatakan, jika ingin memberi edukasi atau menanam perilaku, lebih efeisien jika dilakukan sejak dini yaitu pada masa anak-anak. Karena itu anak-anak dijadikan target pada penelitian ini. Peneliti memilih board game sebagai media edukasinya karena anak-anak jaman sekarang sangat suka bermain, maka dari itu peneliti merancang permainan yang mengedukasi seputar 3R pada anak-anak menggunakan board game yang didukung oleh media seperti x-banner, gantungan kunci, stiker, dan poster. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mengumpulkan data dengan observasi, wawancara, studi kompetitor dan dokumentasi. Board game yang dirancang adalah berbasis family games yaitu permainan yang cocok dimainkan keluarga, anak kecil maupun orang tua. Dengan keyword Enjoyment, diharapkan board game dapat dinikmati oleh anak-anak khususnya umur 9 – 12 tahun. Harapannya board game edukasi ini nanti dapat menanamkan sifat kepedulian anak-anak terhadap sampah menggunakan metode reduce, reuse dan recycle.

Kata kunci : Board Game, Permainan Papan, Edukasi, 3R, reduce, reuse dan recycle, Sampah, Tugas Akhir, Universitas Dinamika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id