PERANCANGAN DESTINATION BRANDING DESA KEDUNGREJO KABUPATEN SIDOARJO SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Nyoto Budi Prasetyo, Siswo Martono, Dhika Yuan Yurisma

Abstract


Desa Kedungrejo merupakan kawasan desa sentra industri dan berada di Kota Sidoarjo. Berdiri sejak tahun 1985, memiliki potensi di bidang industri, khususnya makanan ringan. Kerupuk puli Desa Kedungrejo sudah dipasarkan di berbagai kota besar di wilayah Jawa Timur hingga Jawa Tengah. Memiliki kelebihan dari segi varian rasa lebih dari satu, yang nantinya konsumen bisa memilih sesuai dengan seleranya masing - masing. Namun penulis menemukan permasalahan yang ada di kampung kerupuk desa Kedungrejo yaitu belum adanya identitas visual membuat banyak masyarakat yang kurang mengetahui akan kampung kerupuk Desa Kedungrejo. Maka penulis merancang destination branding berupa identitas visual berupa logo yang nantinya mampu meningkatkan kesadaran masyarakat, akan kampung kerupuk Desa Kedungrejo. Peneliti menggunakan metode kualitatif dan data-data berasal dari wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil dari analisis dan pengelolaan data muncul keyword serta konsep dari perancangan yaitu “eksploration” yang berfokus terhadap potensi utama yang ada di kampung kerupuk Desa Kedungrejo serta menggambarkan ciri khas dari dari kampung tersebut. Sehingga nantinya akan dapat meningkatkan para pengunjung dari luar Kota Sidoarjo. Kemudian penulis merancang seperti Graphic Standart Manual sebagai pedoman dalam penggunaan identitas visual, kemudian terdapat juga elemen visual yang diterapkan di berbagai media seperti stationary-set, media promosi berupa x-banner dan brosur, dan merchandise yang nantinya menjadi kesan terseniri dan daya tarik bagi Desa Kedungrejo.


Kata kunci: Destination Branding, Desa Kedungrejo, Brand awareness.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.