Perancangan Rebranding Museum Rumah Air PDAM Surya Sembada Untuk Meningkatkan Brand Awareness

Rr. Zhafira Yumna Ramadhani, Dhika Yuan Yurisma, Siswo Martono

Abstract


Museum Rumah Air adalah sebuah inovasi dari PDAM Surya Sembada Kota Surabaya yang memiliki konsep “Pipa Waktu” dengan tujuan mengkampanyekan bijak menggunakan air bersih dan mengenalkan terbentuknya PDAM Surya Sembada Kota Surabaya. Museum ini berpotensi menjadi wisata edukasi karena memiliki lokasi yang strategis, penataan ruang museum yang modern, barang-barang antik yang masih terawat dan aman untuk dikunjungi, selain mengenalkan kiprah PDAM Surya Semada museum ini juga memiliki tujuan mengkampanyekan bijak menggunakan air bersih melalui media museum yang dijelaskan didinding museum. Namun beberapa masyarakat mengira museum tidak beroperasi lagi, selain itu banyak juga masyarakat yang tidak mengetahui adanya Museum Rumah Air ini. Dari potensi yang dimiliki melalui Rebranding Museum Rumah Air dapat merubah kembali citra museum yang sudah lama terlupakan. Dengan metode penelitian kualitatif bisa menjadi acuan penulis membuat Rebranding Museum Rumah Air ini, dengan membuat logo baru, perancangan Graphic Standard Manual, media promosi dan media pendukung lainnya dengan bantuan keyword yaitu experience yang menceritakan tentang Museum Rumah Air dengan konsep yang berbeda dari museum lain yaitu “Pipa Air” bisa membuat pengunjung memiliki kesan yang tidak terlupakan.

Keywords: Rebranding, Brand Awareness, PDAM Surya Sembada, Museum Rumah Air


Refbacks

  • There are currently no refbacks.