PERANCANGAN DESTINATION BRANDING DESA WISATA CANDIREJO MAGELANG JAWA TENGAH SEBAGAI DESA WISATA SEJARAH

Farchan Belantara Oktavian Yusuf, Dhika Yuan Yurisma, Siswo Martono

Abstract


Desa Wisata Candirejo yang berlokasi di Kabupaten Sragen kota Magelang memiliki sebuah sejarah yang masih kental dari masa peperangan yang bisa dilihat serta di nikmati hinggal sekarang. Banyak tempat wisata yang bisa meng edukasi pengunjung serta menambah wawasan seperti tempat bertahanya Pangeran Diponegoro di bukit mijil serta sungai progo, ada juga kesenian yang bermacam macam dan tradisi menarik yang bisa di nikmati setiap tahunya. Walaupu memiliki banyak kelebihan yang dimiliki desa wisata Candirejo Magelang, desa wisata Candirjo juga masih mempunyai permasalah yaitu tidak memiliki sebuah identitas yang dapat mewakilinya,sehingga banyak pengunjung belum memiliki gambaran tentang tempat yang bernama desa Wisata Candirejo, dengan melihat dari permasalahan yang sudah ada desa wisata Candirejo sangat membutuhkan sebuah identitas visual sebagai upaya para wisatawan yang berkunjung dapat mengingat desa wisata Candirejo. Maka dari permasalahantersebut dirancangnya sebuah destination branding sebagai upaya meningkatkan brand awareness . Dengan menggunakan metode kualitaitf dengan cara pengumpulan secara observasi, wawancara dengan narasumber, serta dokumentasi dalam membantu dalam pembuatan destination branding. Pada konsep Heritage yang memiliki arti peninggalan/warisan diharapkan dapat menggambarkan karateristik desa wisata Candirejo di mata pengunjung. Dengan adanya dentination branding ini langkah selanjutnya ialah pembuatan identitas visualnya berupa logo dan Graphic Standart manual sebagai media utamanya lalu di ikuti dengan media pedukung seperti stationary set, brosur, desain X-banner serta merchendaise.

Kata kunci : Destination branding, Desa Wisata Candirejo, logo, Graphic standart manual


Refbacks

  • There are currently no refbacks.