PERANCANGAN DESTINATION BRANDING DESA SEKAPUK KECAMATAN UJUNGPANGKAH KABUPATEN GRESIK SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Ilham Lazuardhy Harisaputra, Dhika Yuan Yurisma, Siswo Martono

Abstract


Desa Sekapuk merupakan sebuah desa yang berada di wilayah Kecamatan Ujungpangkah yang letaknya di bagian utara Kabupaten Gresik. Desa ini memiliki berbagai potensi dari bentuk kearifan lokal, tradisi budaya, hasil pertanian dan hasil perindustrian hingga keindahan alam khas gunung kapur yang menjadi iconic di desa tersebut. Identitas Desa Sekapuk masih sering menggunakan logo wisata SETIGI dan logo Sekapuk dari pemerintah daerah. Belum adanya identitas visual yang mencitrakan desa Sekapuk sebagai desa yang memiliki potensi wisata sehingga kurangnya konsisten pada penerapan identitas visual. Oleh karena itu, Desa Sekapuk membutuhkan suatu perancangan destination branding dengan melakukan sebuah rancangan identitas visual seperti logo dan implementasi desain beserta media promosi yang akan membuat calon wisatawan lebih mengenal Desa Sekapuk sebagai desa wisata dan para wisatawan yang sudah pernah datang ke Desa Sekapuk mendapatkan nilai memorieble yang dapat membedakan dari desa lainnya. Dari permasalahan tersebut, dilakukanlah perancangan destination branding Desa Sekapuk Kecamatan Ujungpangkah Kabupaten Gresik sebagai upaya meningkatkan brand awareness. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Hasil penelitian yang berasal dari berbagai tahap dan penggunaan konsep pada penelitan yaitu “togetherness” yang berarti kebersamaan dan kekompakan, menjadikan perancangan destination branding Desa Sekapuk sebagai desa wisata yang berkembang dan bangkit bersama serta menunjukan kerukunan masyarakat desa dan karakteristik serta berbagai potensi Desa Sekapuk. Implementasi dari perancangan destination branding Desa Sekapuk di aplikasikan pada identitas visual Desa Sekapuk yang terdiri dari logo, tagline, warna, tipografi, elemen supergrafis, dan layout yang didasari dari konsep yang diangkat, beserta implementasi desain lainnya berupa media promosi seperti brosur, billboard, xbanner, kaos, mug dan pin, serta diimplementasikan pada stationary set dan merchandise.

Kata Kunci: Desa Sekapuk, Destination Branding, Brand Awareness


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id