REDESIGN VISUAL IDENTITY MUSEUM W.R. SOEPRATMAN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Vio Athal Arif Fadhil, Dhika Yuan Yurisma, Karsam Karsam

Abstract


Museum W.R. Soepratman merupakan sebuah museum dalam konteks “Rumah Sejarah” yang segala
sesuatunya berkaitan erat dengan tokoh Pahlawan Nasional W.R. Soepratman yang langsung berada dibawah
naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surabaya sebagai lembaga yang mengelola museum. Museum
W.R. Soepratman menampilkan beragam informasi yang berkaitan erat dengan W.R. Soepratman, mulai dari fotofoto
dokumentasi, karya-karya musiknya hingga koleksi-koleksi unggulan seperti replika biola dan replika pakaian
jas yang W.R. Soepratman gunakan saat Kongres Pemuda II di Jakarta. Museum W.R. Soepratman memiliki
potensi sebagai tempat atau wisata sejarah yang informatif dan menarik khususnya bagi kalangan muda seperti
dengan adanya QR Code yang terletak disetiap foto dokumentasi yang dapat diakses langung oleh pengunjung dan
terdapat Halaman Memorabilia yang berisikan pesan-pesan W.R. Soepratman sebelum meninggal yang dapat
menginspirasi kalangan muda. Halaman Memorabilia juga dapat dijadikan sebagai area berkumpul bersama dan
dapat menjadi spot foto bagi kalangan muda yang familiar dengan sosial media. Dari potensi yang dimiliki,
melalui identitas visual, seharusnya Museum W.R Soepratman dapat menggambarkan citra museum sebagai
sebuah museum dengan pengelolaan yang profesional dan modern meskipun merupakan sebuah museum dalam
konteks “Rumah Sejarah”. Hal ini juga bertujuan untuk menyesuaikan dengan visi yang dimiliki oleh Musuem W.
R. Soepratman yaitu, “Museum W.R. Soepratman sebagai tempat tujuan wisata sejarah dengan pengelolaan yang
profesional dan modern”. Oleh karena itu melalui identitas visual yang tepat diharapkan akan mampu
menggambarkan citra Museum W.R. Soepratman sehingga masyarakat dapat mengidentifikasi Museum W.R
Soepratman sebagai sebuah museum dalam konteks “Rumah Sejarah” dengan pengelolaan yang profesional dan
modern. Perlu adanya upaya redesign visual identity Museum W. R. Soepratman untuk memperkuat citra Museum
W. R. Soepratman sebagai sebuah museum dalam konteks “Rumah Sejarah” dengan pengelolaan yang profesional
dan modern sebagai upaya meningkatkan brand awareness. Maka judul pada penelitian ini adalah “Redesign
Visual Identity Museum W. R. Soepratman Sebagai Upaya Meningkatkan Brand Awareness”.


Kata kunci: Redesign, Museum, Identitas Visual, Brand Awareness


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id