PERANCANGAN VIDEO PROMOSI BABAD PENIWEN DI WISATA BUDAYA DESA PENIWEN SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Joshua Eri Manuel, Dhika Yuan Yurisma, Siswo Martono Martono

Abstract


Desa Peniwen memiliki wisata yang sudah mencari ciri khas, yang disebut Babad Peniwen yaitu kegiatan yang memperkenalkan Desa Peniwen melalui wisatanya. Desa Wisata Budaya Peniwen sudah dikenal hingga luar Kabupaten Malang, bahkan 38 negara pernah berkunjung ke Desa Peniwen. Pencapaian ini akibat dari promosi yang dilakukan melalui akun media sosial Wisata Budaya Desa Peniwen, yaitu berupa instagram. Namun, terdapat masalah yaitu jumlah wisatawan di Wisata Budaya Desa Peniwen ini mengalami penurunan. Hal ini disebabkan oleh media sosial yang tidak menunjukkan secara detail mengenai keunggulan Desa Peniwen, tapi hanya menampilkan beberapa testimoni dari wisatawan yang hadir. Selain itu, belum memiliki media promosi lainnya. Untuk meningkatkan jumlah pengunjung, diperlukan adanya brand awareness, yaitu berfokus terhadap tingkat kesadaran konsumen terhadap Desa Peniwen yang masih rendah Untuk meningkatkan brand awareness Desa Peniwen, yaitu dengan cara melakukan promosi. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu, merancang video promosi Babad Peniwen di Wisata Budaya Desa Peniwen sebagai upaya meningkatkan Brand Awareness. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu metode kualitatif, yang berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Penulis juga membuat media pendukung yaitu x-banner dan brosur sebagai media promosi cetak yang digunakan saat pameran dan event..

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id