PERANCANGAN TACTILE BOOK KLASIFIKASI HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANANNYA MENGGUNAKAN TEKNIK VEKTOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK TUNANETRA

Indria Okta Wardani, Florens Debora Patricia, Dhika Yuan Yurisma

Abstract


Anak tunanetra memerlukan fasilitas yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pendidikan. Namun, media pembelajaran yang digunakan sangatlah terbatas. Kesulitan mengikuti mata pelajaran ilmu pengetahuan alam menjadi salah satu kendala siswa tunanetra di sekolah inklusif dikarenakan terdapat banyak bentuk, gambar, dan lambang yang sulit dipahami. Pengenalan makhluk hidup yang ada disekitar perlu dilakukan, terdapat salah satu kompetensi dasar kurikulum 2013 pada kelas 5 yaitu mendeskripsikan bentuk luar tubuh hewan dengan ciri serta penggolongannya. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk membuat perancangan media pembelajaran mengenai klasifikasi hewan menurut jenis makanannya. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif bersifat deskriptif yang didapat dari observasi, wawancara, dokumentasi dan studi literatur. Dari analisis yang didapat, maka ditemukan kata kunci yaitu “Innovative” yang menunjukkan bahwa perancangan tactile book merupakan suatu hal yang baru dan sangat jarang ditemukan. Keyword “Innovation” berkaitan dengan kata baru atau segar sehingga ditemukan warna “Fresh” yang menjadi dasar perancangan dalam proses pewarnaan buku ilustrasi. Hasil perancangan ini diimplementasikan menjadi beberapa media yaitu tactile book dengan judul “Mengenal Hewan dan Makanannya” sebagai media utama dan x-banner, poster, pembatas buku, stiker, gantungan kunci, bag tag, totebag sebagai media pendukung.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id