PENGEMBANGAN DESAIN PRODUK ACTION FIGURE UNTUK MENGENALKAN SEJARAH TOKOH PAHLAWAN PADA MATA UANG EMISI 2016

Authors

  • Muhammad Haris Khairuddin Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • Darwin Yuwono Riyanto Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya
  • Karsam Karsam Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

Abstract

Mengenal tokoh pahlawan merupakan suatu keharusan untuk menumbuhkan rasa nasionalisme. Mengenal tokoh pahlawan diharuskan dalam proses belajar mengajar. Dalam proses belajar mengenal dan mempelajari tokoh pahlawan, siswa seringkali merasa kesulitan dalam menghafal karena selain banyak tokoh yang dipelajari dan media yang digunakan cenderung monoton. Padahal tokoh pahlawan selama ini telah digunakan dalam mata uang rupiah yang digunakan dalam kegiatan ekonomi sehari-hari. Maka dari itu diperlukan metode belajar dengan menggunakan media yang inovative menggunakan media action figure dalam mengenalkan dan mempelajari tokoh pahlawan yang terdapat pada mata uang rupiah TE 2016. Konsep yang ditawarkan metode pengenalan tokoh pahlawan dengan menggunakan media action figure. Dengan menggunakan bentuk tiga dimensi menyerupai tokoh pahlawan asli sehingga target lebih mudah memahami dan menarik untuk mempelajari tentang sejarah tokoh pahlawan tersebut. Tokoh pahlawan tersebut diambil dari beberapa pecahan mata uang kertas.

Author Biographies

Muhammad Haris Khairuddin, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

Desain Produk

Darwin Yuwono Riyanto, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

Desain Produk

Karsam Karsam, Institut Bisnis dan Informatika Stikom Surabaya

Produksi Film dan Televisi

Downloads

Published

2019-07-15

Issue

Section

Articles