PERANCANGAN VIDEO MOTION GRAPHIC MENGENAI DAGUSIBU SEBAGAI MEDIA KAMPANYE GEMA CERMAT KEPADA KELOMPOK USIA DEWASA AWAL

Prasetyo Reza Ashari, Dhika Yuan Yurisma, Siswo Martono

Abstract


Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan primer manusia, karena dengan tubuh yang sehat manusia akan dapat melakukan segala suatu hal dengan baik. Namun jika sudah jatuh sakit apapun akan dilakukan untuk mengembalikan kesehatannya. Mulai dari beristirahat untuk sementara hingga pergi ke dokter untuk mendapatkan obat. Namun masih banyak masyarakat yang mencari obat tidak dengan standar yang sesuai, seperti membeli obat yang beredar bebas di warung, maupun membeli obat tanpa resep dokter di apotek. Untuk menanggulangi masalah tersebut dalam penelitian ini mambahas perancangan video motion graphic mengenai dagusibu sebagai media kampanye gema cermat dibuat dengan teknik motion graphic. Video menjelaskan cara penggunaan obat, mulai dari cara mendapatkan obat, menggunakan obat (memahami simbol – simbol pada kemasan obat), cara menyimpan obat, hingga aturan ketika membuang obat. Membahas tentang dampak jika salah meminum obat dan solusi cara mengantisipasi agar tidak terjadi kesalahan dalam mengkonsumsi obat obatan. Merancang media pendukung berupa x banner, poster, brosur, mug, gantungan kunci, totebag, kipas tangan dan stiker. Implementasi rancangan video ini sendiri akan di terapkan pada media sosial (online) dan media pendukungnya akan dipubliakasikan secara langsung ditempat – tempat target audience yang nantinya pesan komunikasi yang disampaikan dapat memberikan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya penggunaan obat secara benar.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.