Analisis dan Desain Sistem E-Commerce Penjualan Produk kecantikan Pada CV. E-SMART B

Dwiky Rachman Hidayat, Anjik Sukmaaji, Sri Hariani Eko Wulandari

Abstract


Masa pandemi covid-19 menyebabkan warga lebih banyak melakukan aktifitas di rumah. Hal ini menyebabkan trend perawatan Kesehatan dan kecantikan mengalami kenaikan yang signifikan. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik pada tahun 2020, pertumbuhan industri Kesehatan dan kosmetik tumbuh 5.59%, dan meningkat di tahun 2021 menjadi 7%. Hal ini menginspirasi CV. E-SMART B untuk membuka usaha bidang salon kecantikan dan menjual produk kecantikan dengan omset perbulan ± 5 juta sejak tahun 2018. Permasalahan yang dihadapi perusahaan adalah belum memiliki dasar yang kuat mengenai kebutuhan ecommerce produk kecantikan yang 1) Engaging customer, 2) Empower Employess

3) Optimize Operations 4) Good Usability sesuai dengan pengguna di Banyuwangi dan sekitarnya. Oleh sebab itu perusahaan membuatkan prototype sebagai early sample dan ecommerce model untuk menguji konsep e-commerce, sebelum disetujui untuk dikembangkan. Urgensi penelitan ini adalah dibutuhkannya prototype sebagai 1) Sarana elisitasi kebutuhan 2) Sarana validasi kebutuhan 3) early sample 4) ecommerce model 5) Sarana pengujian konsep ecommerce. Berdasarkan permasalahan diatas, maka penelitian ini menggunakan metode Agile SCRUM yaitu 1) Product Requirement dilakukan dengan metode wawancara, kuisioner dan observasi untuk menggali kebutuhan pengguna yaitu konsumen produk dan karyawan perusahaan 2) Product Backlog Item, yaitu penentuan daftar pekerjaan sesuai kebutuhan/requirements, 3) Design Sprint, merancang system, dan desain antar muka 4) Sprint Review, yaitu melakukan review atas prototype yang sudah didesain 5) Sprint Retrospective, yaitu merencanakan peningkatan performa. Prototype yang sudah dirancang diuji dengan Usability Scale untuk mengetahui efektivitas, dan kepuasan. Hasil dari penelitian ini adalah bentuk prototype standar untuk penjualan produk kecantikan. Uji efektivitas menghasilkan nilai 100% yang berarti semua tugas dapat diselesaikan Sedangkan pada uji kepuasan menggunakan skor SUS(System Usability Scale) dengan nilai 70,98. Berdasarkan penilaian tersebut, dinyatakan bahwa prototipe ini layak dan menjanjikan untuk dijadikan early sample dan eccomerce model produk kecantikan pada website e-commerce.

Full Text:

PDF (Indonesian)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.