IMPLEMENTASI STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS PRODUK MINUMAN SEGAR PADA USAHA JAVA WEDHANG SIDOARJO

Alista Wara Dinia, Haryanto Tanuwijaya, Sri Suhandiah, Candraningrat Candraningrat

Abstract


JAVA WEDHANG ialah usaha di bidang minuman tradisional, yang berlokasi di Dsn.Prasung Tani RT 03 RW 01 Buduran Sidoarjo. JAVA WEDHANG memiliki beberapa produk yang dijual secara online dan offline. Seiring berjalannya waktu, JAVA WEDHANG menghadapi permasalahan berupa adanya pesaing yang memiliki produk sejenis, kurang maksimalnya strategi pemasaran dan omset penjualan menurun. Oleh sebab itu dibutuhkan strategi pengembangan bisnis untuk memperluas dan mengembangkan usaha. Berdasarkan penjelasan tersebut, maka untuk meningkatkan pemasarannya, JAVA WEDHANG menggunakan dua strategi, yaitu Business Model Canvass dan Analisis Strengths, Weakness, Opportunity, and Threats (SWOT). Penggunaan strategi pemasaran ini menggunakan media sosial yakni Instagram dan Whatsapp Businesss. Penerapan strategi pengembangan bisnis produk minuman segar pada usaha JAVA WEDHANG ini telah dijalankan mulai bulan September 2021 sampai 30 Desember 2022. Dengan adanya penerapan strategi hasil yang didapatkan JAVA WEDHANG dapat membantu baik dari sisi pemasaran atau promosi dan penjualan untuk meningkatkan omset. Omset penjualan yang dihasilkan JAVA WEDHANG selama 4 bulan didapatkan dari Bulan September 2021 sebesar Rp 1.603.096, Bulan Oktober sebesar Rp 2.162.513, Bulan November sebesar Rp 2.367.386 dan bulan Desember sebesar Rp 2.35.113. Hasil implementasi dari BMC dan SWOT ini efisien karena rendahnya biaya yang dikeluarkan dan dapat menjangkau pelanggan, serta dapat membangun promosi kapanpun, dimanapun tanpa ada batasan waktu dan tempat.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.