PENGARUH KEMAMPUAN AKADEMIS DAN PENDIDIKAN KEUANGAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU PENGELOLAAN KEUANGAN MAHASISWA DENGAN MEDIASI LITERASI KEUANGAN

Niken Feriawati, Januar Wibowo, Achmad Yanu Alif Fianto

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh dari kemampuan akademis dan pendidikan keuangan keluarga terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa dengan mediasi literasi keuangan. Teknik analisis data peneliti menggunakan analisis validitas konvergen, validitas disktiminan, outer model, inner model, R-square dan uji hipotesis dengaan program Smart-PLS 2.0. pada penelitian ini jumlah sampel sebanyak 293 responden yang sudah ditentukan dari kriteria yang telah dibuat.

Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti menunjukkan bahwa variabel kemampuan akademis berpengaruh signifikan dan positif terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa, variabel pendidikan keuangan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa, variabel kemampuan akademis berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan, pendidikan keuangan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan, variabel pendidikan keuangan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa dengan mediasi literasi keuangan. Sedangkan kemampuan akademis tidak berpengaruh positif terhadap perilaku pengelolaan keuangan mahasiswa dengan mediasi literasi keuangan, karena nilai t kurang dari 1,65.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.