SUN TRACKING PADA PANEL SURYA UNTUK OPTIMALISASI PENGISIAN CATU DAYA

Rachmawati Oktaria Mardiyanto, Helmy Widyantara, Ira Puspasari

Abstract


Pengembangan listrik tenaga surya yang berbasis pada photovoltaic dari piranti solar cell sebagai salah satu sumber tenaga listrik alternatif yang ramah lingkungan dan ketersediaannya yang melimpah. Namun tegangan yang dikeluarkan dari solar cell masih bersifat fluktuatif (selalu berubah) sesuai dengan perubahan intensitas cahaya yang jatuh pada permukaan sel surya.

Pada penelitian ini pancaran sinar matahari masuk menuju ke panel surya dan sensor LDR. Hasil keluaran tegangan akan dirgunakan sebagai input pengisian catu daya baterai berupa tegangan DC. Sensor LDR mendapatkan input dari pancaran sinar matahari dan hasil pembacaan nilai sensor akan dibaca oleh ADC serta diolah oleh mikrokontroler dengan cara memetakan perubahan posisi panel surya terhadap matahari. Dari hasil pemetaan, panel surya akan digerakkan oleh motor DC untuk menuju posisi yang dapat menghasilkan sinar matahari paling maksimal.

Dalam menentukan sudut sun tracking terhadap sinar matahari dapat menggunakan minimum sistem, rangkaian sensor LDR, dan modul driver motor yang dihubungkan pada panel surya sehingga panel surya dapat mengikuti arah matahari dan menghasilkan nilai keluaran daya yang lebih maksimal, karena hasil keluaran daya yang didapatkan oleh panel surya saat menggunakan sun tracking mengalami kenaikan sebesar 1,73298 watt atau setara dengan 36.833%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.