SISTEM KONTROL ALAT ROASTING BIJI KOPI MENGGUNAKAN ARDUINO

Hafidh Ahmady, Susijianto Tri Rasmana, Harianto Harianto

Abstract


Penikmat kopi dimana rasa dan aroma yang memikat pada sebuah minuman tersebut, telah merambah hingga saat ini. Sebuah kemajuan terknologi yang akhir-akhir ini menuntun pada sebuah pengolahan kopi, mulai dasar dari sebuah biji kopi yang masak dari pohonnya, hingga di seduh.

Dalam sebuah penelitian ini bermaksud seduhan sebuah kopi nikmat nya berasa daril roasting. Dalam sebelum bentuk menjadi bubuk, biji kopi akan dimasak hingga yang diinginkan. Oleh karena itu dijadikan sebuah alat roasting biji kopi yang di buat memasak dengan 3 jenis hasil masak yang berbeda. Dengan menggunakan Arduino akan memproses dengan sistem fuzzy akan mengatur semua masukan yang diterima dari input dan akan di kerjakan oleh output.

Sistem yang digunakan adalah Suhu set point pada tiap 3 mode adalah 180oC untuk Light, 210oC untuk Medium, 240oC untuk Dark, dimana saat suhu sudah menunjukan suhu set point waktu akan mulai berjalan dengan tiap mode memiliki waktu akhir yang sudah ditentukan. Dengan tiap waktu yg ditentukan akan menghasilkan 3 mode berbeda dalam tampilan biji kopi tersebut.

 

Kata Kunci: Biji kopi, Roasting, Arduino, Fuzzy


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.