RANCANG BANGUN APLIKASI PENILAIAN UJIAN PRAKTIK SIM (SURAT IZIN MENGEMUDI) C BERBASIS ANDROID

Dimas Adiputra Rahadyan, Harianto Harianto, Weny Indah Kusumawati

Abstract


SIM C merupakan salah satu tanda yang wajib dipunyai oleh seseorang apabila ingin berkendara khususnya untuk sepeda motor. Orang yang mempunyai SIM C dianggap sudah mengetahui aturan-aturan dalam berkendara. Untuk mendapatkan SIM C harus melalui serangkaian tes yang dilakukan dari ujian tertulis hingga ujian praktik. Pada ujian praktik, peserta melalui beberapa jenis ujian dimana petugas kepolisian akan melihat praktik tersebut dari pos penguji. Hal tersebut tidak efisien karena kemungkinan pemantauan tersebut terlewatkan.

Pada penelitian sebelumnya yang dilakukan oleh Aron Octavianus Siahaan telah meminimalisir kerja kepolisian pada saat ujian praktik SIM C tersebut dengan membuat aplikasi di komputer kepolisian yang menampilkan hasil ujian praktik. Namun hal tersebut dirasa masih kurang sehingga penulis membuat aplikasi berbasis android dengan memanfaatkan metode komunikasi MQTT dalam pengiriman datanya. Dengan adanya aplikasi tersebut, pihak petugas kepolisian dapat melakukan pemantauan ujian secara mobile sehingga tidak harus di lakukan di dalam pos pengujian.

Aplikasi ini akan menampilkan hasil ujian praktik pada perangkat android. Hasil yang ditampilkan berupa lampu yang menunjukan tiap patok pada ujian. Lampu-lampu ini akan menyala jika patok ujian tersenggol. Aplikasi ini juga akan menampilkan hasil waktu dari lamanya ujian praktik. Data-data tersebut akan disimpan dalam sistem database melalui protokol subscriber yang mengirimkan datanya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.