RANCANG BANGUN COMPACT GREEN HOUSE BERBASIS MIKROKONTROLER

Adhi Dwi Prasetyo, Susijanto Tri Rasmana, Yosefine Triwidyastuti

Abstract


Metode pelestarian tanaman krisan pada saat ini cukup mempunyai banyak varian. Salah satu yang cukup dikenali adalah metode Green House. Umumnya, Green House dirancang dengan dimensi yang besar, membutuhkan lahan luas, serta masih dalam lingkungan yang memiliki iklim sesuai dengan kebutuhan tanaman krisan yang dilestarikan. Namun dengan karakter seperti itu, akan mempunyai banyak masalah jika Green House dibangun di wilayah perkotaan dengan kondisi iklim yang kurang mendukung.

Pada peneltian ini akan dirancang Green House yang dapat dibangun di wilayah lingkungan perkotaan. Dengan keadaan minim akan kebutuhan lahan, serta tetap dapat melestarikan tanaman krisan dengan kebutuhan iklim sesungguhnya secara otomatis. Mempunyai sifat Compactly yang dapat dengan mudah untuk dipindahkan. Dengan pusat kendali Arduino Uno R3, serta sensor DHT11 untuk suhu dan kelembaban, sensor LDR, Keypad, juga aktuator keluaran seperti Fan, Humidifier, LED Grow Light, Peltier dan LCD sebagai pusat tampilan informasi.

Pengujian dilakukan dengan setpoint suhu 26oC, kelembaban 70%, batas intensitas cahaya 500. Dengan perbandingan nilai baca sensor DHT11 diawal. Suhu 28oC, kelembaban 46%, kondisi gelap > 500 serta terang <500. Hasil dari pengujian dengan jangka waktu 30 menit adalah suhu dapat mencapai nilai setpoint sebanyak 3 kali, kelembaban tercapai 1 kali dan LED Grow Light bekerja pada nilai > 500.

 

Kata Kunci : Green House, Bunga Krisan, Green House Otomatis, Teknologi Pertanian, Mini Green House.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.