RANCANG BANGUN PEMINJAMAN LOKER MENGGUNAKAN RFID DAN METODE FACE RECOGNITION

Moh Reza Syahrial, Harianto Harianto, Yosefine Triwidyastuti

Abstract


Dalam era globalisasi saat ini penggunaan sistem peminjaman loker dengan menggunakan teknologi marak diterapkan contohnya peminjaman loker menggunakan RFID. Nsmun dengan sistem ini masih begitu memiliki kekurangan dari segi biaya, dan tingkan pengamanan yang sangat rendah karena hanya bergantung pada kartu RFID Reader saja.

            Maka dari itu dalam tugas akhir ini dibuat sistem peminjaman loker yang menggunakan metode pemilihan loker secara otomatis urut dari no kecil ke besar dengan input utama menggunakan RFID dan Face Recognition menggunakan metode eigenface sebagai pengaman. Sistem ini dibuat untuk mempermudah user dalam memilih loker yang belum terpakai oleh user lain dan pengamanan ganda menggunakan deteksi & penyocokan wajah. Sistem ini menggunakan 3 buah mikrokontroler, yaitu Arduino Uno sebagai master dan 2 buah mikrokontroler ATMega32 sebagai slave. Digunakan komunikasi I2C sebagai penghubung mikrokontroler master dan slave.

            Sistem ini dapat digunakan ditempat umum ataupun Instansi manapun karena dapat digunakan oleh semua user yang memiliki kartu RFID atau tag RFID. Sistem ini dapat menghasilkan tingkat kekauratan untuk mendeteksi & mengenali wajah peminjam sebanyak 95%.

Keyword : Face Detection, Face Recognition, Principal Component Analysis, Eigenface, RFID


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.