PROTOTIPE SISTEM PENGUKUR BERAT DAN TINGGI HEWAN TERNAK MENGGUNAKAN MOBILE PLATFORM ANDROID MELALUI KOMUNIKASI BLUETOOTH

David Adamson, Harianto Harianto, Pauladie Susanto

Abstract


Pada tahun 2010 secara nasional populasi ternak besar mengalami peningkatan. Banyaknya ternak dapat mengakibatkan kerumitan dalam pemantauan perkembangan hewan ternak, sehingga seluruh peternak memerlukan metode penyimpanan data yang baik. Untuk mengatasi hal tersebut maka diperlukan suatu peralatan yang mudah untuk digunakan untuk mencatat perkembangan hewan ternak. Smartphone yang menggunakan sistem operasi android  merupakan salah satu alat yang dapat mencatat dan menyimpan setiap perkembangan hewan ternak.

Smartphone berfungsi sebagai proses pengambilan data berat dan tinggi hewan ternak. Data yang di peroleh akan disimpan pada sebuah database. Data yang diambil oleh smartphone diperoleh dari sebuah prototipe timbangan yang membutuhkan teknologi mikro untuk mengolah data dari Potensiometer dan sensor Ping (Ultrasonik) menjadi suatu informasi berat dan tinggi.

Dengan penggunaan SmartPhone dan prototipe timbangan ini maka dapat menghasilkan kombinasi sistem yang memudahkan dalam memanajemen data. Tingkat akurasi prototipe timbangan ini adalah 98,76% sehingga dapat berjalan seperti alat pengukur berat lainnya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.