ANALISIS PERBANDINGAN UNJUK KERJA PROTOCOL TCP DENGAN SCTP PADA JARINGAN MOBILE

Muh.Rahmat Djojosuroto, Jusak Jusak, Yosefine Triwidyastuti

Abstract


Mobile Ad Hoc adalah jaringan nirkabel yang terdiri dari sekumpulan node-node yang dapat saling berkomunikasi satu sama lainnya secara langsung tanpa memerlukan infrastruktur tertentu. Teknologi Mobile Ad Hoc ini sudah sering kali digunakan untuk operasi militer dan komunikasi pribadi seperti ponsel dan laptop. Karena banyaknya pemakaian teknologi Mobile Ad Hoc ini sehingga perlu dilakukan pengujian yang melibatkan 5 node, 10 node dan 20 node untuk pemilihan protocol yang tepat.

Pada penelitian ini, dengan posisi node yang (random) diketahui bahwa untuk penerapan topologi dengan  5 node, 10 node dan 20 node protokol SCTP sangat baik dalam hal keakuratan data berdasarkan parameter Paket Loss Ratio (PLR) dan Delay  dibandingkan dengan protokol TCP saat terjadi komunikasi.

Dari hasil penelitian dan analisis unjuk kerja perbandingan protokol TCP dengan SCTP yang telah dilakukan, berdasarkan parameter-parameter yang telah di tetapkan. Maka didapatkan presentase dari hasil parameter delay dan paket loss ratio (PLR) pada protokol TCP, besar nilai rata-rata delay maupun rata-rata paket loss ratio (PLR) lebih besar dibandingkan dengan protokol SCTP, baik dari banyaknya node yang digunakan dalam topologi maupun dari masing-masing protokol.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.