RANCANG BANGUN PENERJEMAH BAHASA ISYARAT ABJAD MENGGUNAKAN SENSOR FLEX DAN ACCELEROMETER BERBASIS ARDUINO

Edo Aliffandhiarto, Harianto Harianto, Yosefine Triwidyastuti

Abstract


Banyak permasalahan yang dihadapi manusia, salah satunya adalah berkomunikasi dengan orang lain. Bagi manusia normal hal ini bukanlah kendala serius tetapi bagi penderita tuna-rungu hal ini bisa menjadi hal yang sangat serius ketika para penderita tuna-rungu berhadapan langsung dengan masyarakat sekitar, dimana sebagian dari masyarakat sekitar belum mengerti bahasa isyarat. Di setiap negara para penderita tuna-rungu memiliki bahasa isyarat yang berbeda-beda, bahkan di indonesia sendiri memiliki beragam bahasa isyarat.

Dengan keanekaragaman bahasa isyarat dan banyaknya masyarakat yang kurang memahami tentang bahasa isyarat dapat menghambat para penderita tuna-rungu untuk berbaur dengan masyarakat sekitar. Sehingga harus ada solusi untuk membantu para penderita tuna-runggu dan masyarakat sekitar agar bisa berkomunikasi dengan mudah.

Perancangan sistem penerjemah bahasa isyarat menggunakan disain sarung tangan yang dikombinasikan dengan 2 sensor yang akan mendeteksi pergerakan tangan. Sistem ini dibuat agar pengguna sarung tangan dapat menerjemahkan bahasa isyarat ke dalam bentuk abjad. Perancangan sistem ini menggunakan 5 buah sensor flex, Accelerometer adxl335 dan Arduino Mega2560 sebagai master. Digunakan Analog to Digital Converter (ADC) sebagi penghubung mikrokontroler Arduino Mega2560 dengan 5 sensor flex dan Accelerometer. Masing-masing sensor flex akan menhasilkan input dari lekukan setiap jari dan sensor Accelerometer akan menghasilkan input dari kemiringan tangan yang diharapkan mendapat hasil yang akurat dari bentuk tangan.

Hasil dari sistem penerjemah bahasa isyarat dapat digunakan dengan baik selama penggunaan sarung tangan sesuai dengan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia(SIBI). Pengujian 5 huruf abjad yang sesuai dengan SIBI yaitu huruf abjad A, I, U, E dan O dapat diketahui bahwa input dari sensor flex dapat dieksekusi dengan baik meskipun nilai sensor flex terus berubah. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.