PEMBUATAN FILM PENDEK BERGENRE DRAMA KELUARGA TENTANG PENGGEMBALA DOMBA DAN SERIGALA DENGAN TEKNIK GABUNGAN LIVESHOOT DAN ANIMASI 2D

Meilina Leksono Putri

Sari


Peneliti berperan sebagai sutradara dimana akan membuat sebuah film pendekyang terinspirasi dari salah satu cerita rakyat “Penggembala Domba dan Serigala”. Melaluifilm pendek, peneliti yakin akan mampu merepresentasikan kembali nilai dan pesan moraldari cerita anak-anak tentang “Penggembala Domba dan Serigala” dengan lebih menarik.Pembungkusan nilai dan moral yang ada pada cerita rakyat tersebut akan ditampilkan dalamsebuah film pendek berdurasi 7-15 menit menggunakan teknik gabungan berupa teknikliveshoot dan animasi 2D. Tujuannya supaya dapat menarik audiens untuk menonton filmpendek “Penggembala Domba dan Serigala” dan dapat menyampaikan pesan moral didalamnya secara tepat namun juga tetap tidak membosankan. Hal tersebut akan didukungdan dibantu pada penerapan teknik liveshoot yang memiliki beberapa jenis teknikpengambilan gambar dan animasi 2D yang ekspresif. Dalam proses pembuatan film pendekini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancaradan studi literatur.

Kata Kunci


film pendek, cerita rakyat, teknik liveshoot, animasi 2D, Penggembala Domba dan Serigala

Referensi


A, Arsyad. 2005. Media Pembelajaran. Jakarta:

PT. Raja Grafindo Persada

Fardani, Diah Novita, and Yorita Febry Lismanda.

“Nilai-Nilai Pendidikan Karakter

Untuk Anak Usia Dini Dalam Film

‘Nussa.’” Thufuli : Jurnal Ilmiah

Pendidikan Islam Anak Usia Dini 1(2):34.

doi: 10.33474/thufuli.v1i2.4921.

Limarga, Debora Meiliana. 2017. “Penerapan

Metode Bercerita Dengan Media Audio

Visual Untuk Meningkatkan Kemampuan

Empati Anak Usia Dini.” Tunas Siliwangi

(1):86–104.

Neta, Fandy, Rina Yulius, and Muchamad Fajri

Amirul Nasrullah. 2020. “Effectiveness of

Using 2D Animation Video with Live

Shoot Motion Graphic.” 423(Imc

:119–27. doi:

2991/assehr.k.200325.011.

Panca, Javan dalasta. 2011. 5 Hari Mahir Bikin

Film. Surabaya: Java Pustaka Group.

Winastawan, GoraBayu Widagdo dan. 2011. Bikin

Sendiri Film Kamu Panduan Produksi

Film Indonesia. Yogyakarta: PD.

Anindya.

Ali, M. F., Bahruddin, M., & Dewanto, T. H. 2015.

Perancangan Iklan Kampanye Penghargaan

Adiwiyata Kabupaten Gresik Melalui

Animation Explainer Sebagai Upaya

Meningkatkan Kesadaran Lingkungan

Hidup (Doctoral dissertation, Universitas

Dinamika).

Bahruddin, M. (2014). Tantangan Regulasi

Penyiaran: Pencitraan Politik Di Era

Konvergensi Media.

Andrianto, N. 2018. Pesan Kreatif Iklan Televisi

Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika

Iklan Bahagianya Adalah Bahagiaku. Jurnal

Studi Komunikasi, 2(1), 17-31.

Riyanto, D. Y., Andrianto, N., Riqqoh, A. K., &

Aliffianto, A. Y. 2019. A Conceptual

Framework for Destination Branding in Jawa

Timur, Indonesia. Majalah Ekonomi: Telaah

Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 24(2),

-157.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. 2020. Brand Image

Among The Purchase Decision

Determinants. Jurnal Studi

Komunikasi, 4(3), 700-715.

Andrianto, N., & Fianto, A. Y. A. 2021. Analisis Isi

Gangguan Stress Pasca Trauma Dalam Film

Steps Of May. Communicator

Sphere, 1(1), 20-30.

Bahruddin, M., Hamad, I., & Triputra, P. 2021. The

Representation of Social Changes inIndonesian Muslim Society: A Semiotic

Analysis of ‘Ketika Mas Gagah

Pergi.’. Jurnal Komunikasi: Malaysian

Journal of Communication, 37(2), 68-82.

Bramantijo, B., Karsam, K., & Priyoleksono, T.

Tote Bag Berbahan Tenun Gedhog

Sebagai Produk Penunjang Bagi UKM

Tenun dan Batik Gedhog Tuban. Batoboh:

Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2),

-132.

Fianto, A. Y. A., & Andrianto, N. 2022. Sustainable

tourism development from the perspective

of digital communication. Jurnal Studi

Komunikasi, 6(1), 110-125.

Laksono, Y. T. 2017. Penerapan Aplikasi Fruity

Loops sebagai Media Pembelajaran

Penciptaan Komposisi dan Aransemen Tata

Suara. Jurnal Studi Komunikasi, 1(3), 253-

Laksono, Y. T. 2021. Communication and ritual on

jaranan pogogan: The semiotics of

performing arts. Jurnal Studi

Komunikasi, 5(2), 493-508.

Laksono, Y. T. 2019. Media Pembelajaran Interaktif

Berbasis Software Fruity Loops Untuk

Meningkatkan Pembelajaran Mata Kuliah

Tata Suara. Virtuoso: Jurnal Pengkajian

Dan Penciptaan Musik, 2(1), 41-46.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Candraningrat, C.

City Branding di Jember: Analisis

Perspektif dari Pengunjung. Business and

Finance Journal, 6(1), 13-20.

Prasetya, A. J., Laksono, Y. T., & Hidayat, W. 2020.

Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM)

Pengembangan Marketing Website Dan

Desain Kemasan Pada Ukm Bumi Cipta

Sejahtera Surabaya. JPM17: Jurnal

Pengabdian Masyarakat, 5(01), 92-98.

Susetyo, H. R., Bahruddin, M., & Windarti, T. 2015.

Efektivitas infografis sebagai pendukung

mata pelajaran IPS pada siswa siswi kelas 5

SDN Kepatihan di Kabupaten

Bojonegoro. Jurnal Desain Komunikasi

Visual, 4(1).

Wangi, M. P., & Basnendar, H. P. 2012. Analisis

Dramaturgi Banyolan Kartolo Episode

Setoran Di JTVsurabaya. Capture: Jurnal

Seni Media Rekam, 3(2), 58-73.

Wangi, M. P., & Taqiuddin, M. H. 2019.

Penyutradaraan Dan Editing Dalam

Pembuatan Film Animasi 3d Bergenre

Action Berjudul € Œbedaâ€

. Candrarupa: Journal Of Art, Design, And

Media, 1(1), 15-19.

Wangi, M. P. 2013. Tayangan Program Ludruk

Banyolan Kartolo Di Jtv Surabaya. Dewa

Ruci: Jurnal Pengkajian Dan Penciptaan

Seni, 8(2).

Wangi, M. P., Andrianto, N., & Prasetya, A. J.

(2017). LPM: IbM Guru SMK Wachid

Hasyim 1 Pusat Surabaya Melalui Pelatihan

Pengembangan Perangkat Pembelajaran

untuk Menciptakan Guru Kreatif dan

Produktif dalam Keahlian Multimedia dan

Animasi.




Published by: DIV Produksi Film dan Televisi Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia

Editorial Office:

Raya Kedung Baruk No. 98 Surabaya 60298

T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id