PEMBUATAN FILM FIKSI TENTANG KONFLIK BATIN SEORANG AYAH YANG DITINGGAL PUTRINYA MENIKAH

MUH HAFIDZ IQBAL, Muhammad Bahruddin, Yunanto Tri Laksono

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menggali dan menggambarkan konflik batin yang dialami seorang ayah ketika putrinya menikah. Film fiksi akan dibuat untuk menggambarkan perasaan dan perjuangan emosional yang dialami oleh ayah tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan individu yang memiliki pengalaman serupa. Selain itu, analisis literatur dan film yang relevan juga dilakukan untuk memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang konflik batin yang terjadi dalam konteks ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang konflik batin yang dialami oleh seorang ayah ketika putrinya menikah. Selain itu, film fiksi yang dihasilkan juga diharapkan dapat memberikan gambaran yang realistis dan emosional tentang perasaan dan perjuangan ayah dalam menghadapi situasi ini. Penelitian ini memiliki implikasi praktis dalam memberikan wawasan kepada masyarakat tentang konflik batin yang terjadi dalam konteks keluarga saat ada perubahan status seperti pernikahan. Film fiksi yang dihasilkan juga dapat menjadi sarana untuk meningkatkan pemahaman dan empati terhadap individu yang mengalami konflik serupa.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


https://adammuiz.com/film/#2_Film_Fiksi Mulawarman, & Nurfitri, A. D. (2017). Perilaku Pengguna Media Sosial beserta Implikasinya Ditinjau dari Perspektif Psikologi Sosial Terapan. BuletinPsikolog, 44.

Pohan, S., Munawwarah, P., & Sinuraya, J. S. (2023). Fenomena Flexing Di Media Sosial Dalam Menaikkan Popularitas Diri . Jurnal Ilmu Komunikasi Dan Media Sosial (JKOMDIS), 490- 493.

Pratista, H. (2008). Memahami film. Yogyakarta: Homerian Pustaka.

Robin Johanes de Britto Moran, B. M., & Munandar, BFA, MFA, A. (2023). Manajemen Produksi Film. Manajemen Produksi Film, 42.

S, D. H., S, K. A., & Annisa, F. (2019). Menonton Penonton Khalayak Film Bioskop di Tiga Kota Jakarta, Bandung, Surabaya. Jakarta: Dewan Kesenian Jakarta.

Studio Antelope. (2023, Mei). Pengertian Sutradara Dan Tugas-Tugasnya Dalam Pembuatan Film. Retrieved from studioantelope.com: https://studioantelope.com/pengertian-dan-tugas- sutradara-dalam-produksi-film/

Winarni, I. T. (2020, November 25). Sifat Berbeda antara Dunia Nyata dengan Dunia Maya. Retrieved from https://www.kompasiana.com/: https://www.kompasiana.com/indah16799/5fbdd 7de8ede484d926a6482/sifat-berbeda-antara- dunia-nyata-dengan-dunia-maya.




Published by: DIV Produksi Film dan Televisi Fakultas Desain dan Industri Kreatif Universitas Dinamika, Surabaya, Indonesia

Editorial Office:

Raya Kedung Baruk No. 98 Surabaya 60298

T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id