PERANCANGAN MEDIA INTERAKTIF BERBASIS AUGMENTED REALITY SEJARAH TROWULAN UNTUK ANAK SEKOLAH

Authors

  • Nur Laili Rochmah Universitas Dinamika
  • Dhika Yuan Yurisma Universitas Dinamika
  • Siswo Martono Universitas Dinamika

Abstract

Penelitian ini membahas upaya melestarikan sejarah kerajaan Majapahit di Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, melalui pengembangan media interaktif berbasis augmented reality untuk anak sekolah dasar. Dengan latar belakang semakin menurunnya minat anak-anak terhadap pembelajaran sejarah, terutama di kelas 4-6, penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi inovatif. Seiring dengan perkembangan teknologi, anak-anak cenderung lebih tertarik pada media digital. Hasil observasi, wawancara, dan studi literatur menunjukkan bahwa media pembelajaran sejarah saat ini kurang interaktif dan kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, penggunaan media interaktif berbasis augmented reality dengan ilustrasi bergaya children illustration diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam memahami dan menghargai warisan budaya Majapahit. Kesimpulan dari penelitian ini menggaris bawahi perlunya inovasi dalam pendekatan pembelajaran sejarah di sekolah dasar dengan memanfaatkan teknologi dan desain visual yang menarik. Implementasi media interaktif ini diharapkan dapat menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan efektif, meningkatkan pemahaman sejarah, serta merangsang minat siswa dalam melestarikan warisan budaya.Kata Kunci: Sejarah Majapahit, Augmented Reality, Media Interaktif

Author Biographies

Nur Laili Rochmah, Universitas Dinamika

Desain Komunikasi Visual

Dhika Yuan Yurisma, Universitas Dinamika

Desain Komunikasi Visual

Siswo Martono, Universitas Dinamika

Desain Komunikasi Visual

Downloads

Published

2024-03-10

Issue

Section

Articles