PERANCANGAN CARD GAME TENTANG TAJWID SEBAGAI MEDIA EDUKASI KEPADA ANAK USIA 7 – 12 TAHUN

Muhamad Ikhwan Amrulloh, Dhika Yuan Yurisma, Karsam Karsam

Abstract


Ketika membaca kitab suci Al-Qur’an, setiap muslim harus memahami tata cara membaca dengan lafal atau ucapan yang benar sesuai dengan ilmu tajwid. Namun proses pembelajaran mengenai tajwid masih menggunakan media konvensional yang cenderung berfokus pada pengajaran berbasis papan tulis, buku, dan kuis. Sehingga dibutuhkan media lain yang bisa digunakan guru dalam mengajar tajwid untuk mengenalkan hukum bacaan nun sukun dan tanwin. Hal ini menjadi sangat penting karena mengingat penggunaan media konvensional sering kali membuat anak-anak menjadi cepat merasa bosan dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah merancang card game tentang tajwid sebagai edukasi kepada anak usia 7-12 tahun. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk mendapatkan penjelasan proses pembelajaran, media pembelajaran, dan ketertarikan anak usia 7-12 tahun pada permainan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Informasi yang diperoleh membentuk dasar konsep perancangan card game. Analisis juga dilakukan terhadap game serupa yang sudah ada untuk mendapatkan referensi dalam perancangan card game. Hasil penelitian ini menghasilkan card game dengan nama "Tanda Elok" yang didukung oleh media lain seperti x-banner, stiker, dan gantungan kunci. Dalam permainan ini, pemain akan mengumpulkan kartu huruf hijaiyah berdasarkan daftar tajwid hukum bacaan nun sukun dan tanwin. Diharapkan hasil dari penelitian ini dapat menjadi kontribusi positif dalam dunia pendidikan dan membantu anak dalam memenuhi aspek memfasihkan dan membenarkan bacaan Al-Qur’an.


Kata kunci: Media Edukasi, Tajwid, Card game


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id