PERANCANGAN DESTINATION BRANDING WISATA PANTAI BAJULMATI DI KABUPATEN MALANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Kevin Jeremy Kurniawan, Dhika Yuan Yurisma, Muhammad Bahruddin

Abstract


Pantai Bajulmati adalah sebuah wisata alam yang terletak di Kabupaten Malang. Keunikan pada Pantai Bajulmati yakni adanya penangkaran penyu yang kini terancam punah, serta menyajikan keindahan alam pohon cemara di pinggiran pantai dengan pasir putih yang terhampar luas disertai gelombang laut yang keras. Selain itu, ada juga spot untuk memancing dari atas tebing yang langsung mengarah ke laut lepas, terdapat juga playground untuk anak, dan arena untuk camp. Jika dibandingkan dengan kompetitor sejenis, Pantai Balekambang di Kab. Malang pada tahun 2021 mencapai 285.000 pengunjung, sedangkan hasil wawancara peneliti dengan bagian loket Pantai Bajulmati jumlah pengunjung di Pantai Bajulmati sebanyak 130.000 pada tahun 2021. Oleh karena itu, peneliti akan melakukan perancangan destination branding Pantai Bajulmati sebagai upaya meningkatkan brand awareness, dapat dikenal luas oleh masyarakat, serta memberikan dampak positif lainnya. Metode yang akan digunakan adalah metode kualitatif dimana data-data yang akan didapatkan berdasarkan pada wawancara, dokumentasi, studi literatur, serta observasi. Dari analisis data yang sudah didapatkan, peneliti mendapatkan sebuah kata kunci yaitu “nature” yang berarti alam yang indah dan alami ketika mengunjungi Pantai Bajulmati. Dari analisis tersebut, maka perancangan ini akan diaplikasikan pada logo, desain branding Pantai Bajulmati, serta mengimplementasikan logo ke dalam berbagai media pendukung seperti feed Instagram, kartu nama, amplop, kop surat, tiket masuk, x-banner, dan stiker.

Kata Kunci : Pantai Bajulmati, Destination Branding, Brand Awareness, Nature.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id