PERANCANGAN VIDEO PROMOSI KAMPUNG WISATA PECINAN KAPASAN DALAM SEBAGAI UPAYA MENGENALKAN WISATA KEPADA MASYARAKAT

Muhammad Alfariz Setyanto, Siswo Martono, Dhika Yuan Yurisma

Abstract


Salah satu lokasi terbesar dan tertua tempat berkumpulnya etnis Tionghoa berada di daerah Kampung Pecinan Kapasan Dalam Surabaya. Sampai saat ini etnis Tionghoa yang ada di Kapasan Dalam masih menjaga budaya, tradisi dan bangunan yang memiliki sejarah. Untuk menjaga budaya, sejarah dan tradisi tersebut beberapa warga menjadikan Kampung Pecinan ini menjadi tempat wisata yang disebut Wisata Kampung Pecinan (WKP). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Menurut Creswell (2016), penelitian kualitatif adalah penelitian yang menggali dan memahami makna dari banyak individu atau kelompok yang muncul dari masalah sosial. Secara umum, penelitian kualitatif dapat digunakan untuk mempelajari kehidupan masyarakat, sejarah, perilaku, konsep atau fenomena, masalah sosial, dll. Dalam penelitian ini digunakan metode seperti wawancara, observasi dan rekaman. hasil dari penelitian ini adalah sembuah video promosi yang di harapkan bisa memperkenalkan wisata kampung pecinan ke masyarakat Berdasarkan pembahasan peneliti tentang perancangan video promosi wisata Kampung Pecinan di Kapasan Dalam untuk memperkenalkan wisata kepada masyarakat. Dalam merancang video promosi wisata Kampung Pecinan Kapasan Dalam sebagai upaya mengenalkan wisata kepada masyarakat, diharapkan masyarakat Surabaya dan sekitarnya bisa mengetahui wisata ini dan pengelola bisa membangun wisata ini dengan lebih baik lagi. Konsep dari video perancangan ini yaitu “Conserve” Ada beberapa objek di wisata Kampung Pecinan Kapasan Dalam yang belum diketahui wisatawan dari Surabaya dan sekitarnya karena wisata Kampung Pecinan Kapasan Dalam termasuk wisata baru dan letaknya tersembunyi di belakang klenteng Boen bio. Maka dari itu peneliti menggunakan media promosi video untuk mempromosikan dan media pendukung yaitu x banner, stiker, poster, feeds Instagram, dan teaser video promosi. Di dalam video promosi ini, peneliti menampilkan bangunan-bangunan dan fasilitas yang bisa dinikmati oleh wisatawan saat berkunjung ke wisata Kampung Pecinan Kapasan Dalam, seperti beberapa bangunan bersejarah, food court yang menjual makanan khas Tionghoa, suasana daratan Tionghoa mural yang bisa dijadikan spot selfie. Selain itu, pengelola menyediakan tour guide yang siap mengajak wisatawan berkeliling menikmati wisata heritage yang ada di wisata Kampung Pecinan Kapasan Dalam.


Kata Kunci : video promosi, wisata Kampung Pecinan, media sosial


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id