PERANCANGAN VIDEO INTERAKTIF TENTANG WARNA DAN HEWAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ANAK TK

Hanandya Pudyakartika Yustirio, Karsam Karsam, Dhika Yuan Yurisma

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengenalan warna dan hewan sebagai media pembelajaran anak TK melalui media interaktif. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif. Subjek penelitian ini pada murid TK dengan usia 4-6 tahun, objek penelitiannya berupa media interaktif. Teknik pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. maka dibutuhkan media pembelajaran yang menarik yaitu pembuatan video interaktif yang dapat membantu anak-anak belajar dan menghafal warna. Pembelajaraan interaktif yaitu pembelajaran dengan pola penggabungan antara unsur gambar, gerak, grafik, serta suara dengan penggunanya biasa disebut dengan video interaktif (Prastowo, 2014: 370). Tentunya peneliti harus memiliki wawasan yang luas terkait objek yang akan diteliti. Maka dari itu yang digunakan peneliti yaitu buku tentang pengenalan warna-warna kepada TK, buku tentang hewan peliharaan, buku tentang desain ilustrasi untuk anak-anak, jurnal tentang video interaktif, teori dalam membuat desain ilustrasi serta karakteristik anak dalam usia 4-5 tahun.

Kata Kunci : Video Interaktif, Media Pembelajaran, Pengenalan warna dan hewan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id