PERANCANGAN BUKU POP UP INTERAKTIF PERMAINAN TRADISIONAL SEBAGAI UPAYA MENGENALKAN DAN MELESTARIKAN BUDAYA KEPADA ANAK USIA 4 - 6 TAHUN

Delicia Aprisda Pagala, Dhika Yuan Yurisma, Karsam Karsam

Abstract


Mainan tradisional merupakan mainan yang paling trend saat sebelum mainan modern ada. Mainan tradisional ialah permainan yang diturunkan dari suatu generasi ke generasi selanjutnya. Permainan tradisional saat ini kurang digemari oleh anak-anak dikarenakan adanya game yang berbasis teknologi online. Penyebab hambatan perkembangan motorik dipengaruhi oleh perkembangan zaman dan kemajuan teknologi. Utari Soekanto selaku Ketua Forum Pemberdayaan Perempuan Indonesia menjelaskan, bahwa anak-anak melupakan permainan tradisional diakibatkan oleh perkembangan teknologi serta kurangnya peran orang tua dalam mendidik anak-anaknya. Maka dari itu perlu adanya edukasi mengenai pengenalan mainan tradisional ini agar tidak hilang begitu saja. Namun dengan media yang menarik bagi anak-anak sehingga peneliti membuat perancangan buku pop up interaktif permainan tradisional sebagai upaya mengenalkan dan melestarikan budaya kepada anak-anak usia 4 - 6 tahun. Tujuannya agar anak-anak dapat mengenal mainan tradisional. Dengan adanya interaktif pada buku akan membantu anak-anak mengetahui bagaimana cara mengoperasikan mainan tersebut.Metode kualitatif digunakan untuk merancang laporan ini. Data diambil dengan cara observasi, wawancara hingga dokumentasi sehingga mendapatkan hasil keyword yaitu exciting yang memiliki arti seru atau mengasyikkan dengan harapan anak usia 4 – 6 tahun merasa asyik dengan buku pop-up  yang telah dibuat peneliti.

Kata Kunci : buku Pop-up, anak-anak, mainan tradisional


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id