PERANCANGAN DESTINATION BRANDING DESA SELOREJO KABUPATEN MALANG BERBASIS DESA DIGITAL SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND RECALL

Riski Herliana Twoin Paramutia, Dhika Yuan Yurisma, Muhammad Bahruddin

Abstract


Desa Selorejo adalah desa wisata yang terletak di Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Desa Selorejo mempunyai potensi seperti wisata petik jeruk sebagai hasil alam yang menjadi icon komoditas dari desa ini, yang dikelola langsung oleh 80% mayoritas penduduk desa. Bedasarkan Perbup No. 5 Tahun 2021, Pemerintah Kabupaten Malang dan Diskominfo ingin menjadikan desa Selorejo sebagai desa digital yang dikemas sebagai penghasil dan penyedia petik jeruk terbesar di wilayah Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Namun sayangnya, desa Selorejo terdapat kekurangan dalam meningkatkan akan kesadaran masyarakat terkait dengan citra dan potensi yang dimilikinya. Untuk itu peneliti melakukan perancangan destination branding desa Selorejo, Kabupaten Malang berbasis desa digital sebagai upaya meningkatkan brand recall. Metode penelitian yang digunakan ini metode penelitian kualitatif yang didapatkan dari wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi literatur. Dari hasil analisi peneliti mendapatkan sebuah kata kunci, “Passionate” artinya sebuah kecendrungan yang kuat terhadap suatu aktifitas yang di gemari oleh individu saat berkegiatan wisata di desa Selorejo. Hasil dari perancangan ini diaplikasikan pada logo, desain branding desa Selorejo. Logo ini nantinya diimplementasikan kedalam media promosi seperti, website, thumbnail youtube, media sosial feed Instagram, dan stationery berupa tiket masuk, kartu nama, kop Surat, amplop, sedangkan untuk merchandise berupa sticker, kaos, gantungan kunci, mug.

Kata kunci : Desa Selorejo, Desa Digital, Destination Branding, Brand Recall


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id