PERANCANGAN MOTION GRAPHIC “ASMAUL HUSNA” SEBAGAI MEDIA PENGENALAN PADA ANAK USIA 4-8 TAHUN

Ricky Ferdy Arisetyawan, Muhammad Bahruddin, Dhika Yuan Yurisma

Abstract


Perancangan dari penelitian ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan mengenai pentingnya pengamalan Asmaul Husna pada anak usia 4-8 tahun dikarenakan masih kurangnya minat anak usia dini dan inovasi pada media yang digunakan pada pembelajaran yang dilakukan di TPQ pada saat era digital ini. Mempelajari Asmaul Husna bermanfaat untuk menanamkan motivasi hidup lebih baik. Anak akan menjadi pribadi yang semangat beribadah, semangat mengasihi sesama, semangat menuntut ilmu, serta semangat menabung kebaikan untuk kehidupan akhiratnya. Melalui sifat-sifat baik Allah, anak banyak mempelajari bahwa kekuatan sifat Allah dapat mengubah perilaku dan memperbaiki ilmu aqidahnya. Dari permasalahan tersebut dapat disimpulkan bahwa perlunya inovasi media dalam mengenalkan Asmaul Husna pada anak di era digital seperti ini, maka diperlukannya sebuah media pembelajaran yang mampu menarik minat anak di era digital ini dengan menggunakan motion graphic sebagai upaya mengenalkan Asmaul Husna dengan cara yang lebih unik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, studi literatur, studi competitor, dan dokumentasi yang nantinya digunakan dalam proses perancangan karya. Media utama dari penelitian ini adalah motion graphic yang berisikan rangkaian 99 Asmaul Husna disertai ilustrasi dan music. Selain itu terdapat juga media pendukung seperti Instagram feed, x-banner, pin, stiker, dan kartu Asmaul Husna.


Kata Kunci : Motion graphic, Pembelajaran, Asmaul Husna, Anak.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id