PERANCANGAN VIDEO PROMOSI NUTRIOLOGY SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND LOYALTY

Dinda Alief Ageng Rizky, Hardman Budiardjo, Siswo Martono

Abstract


Nilai dari sebuah brand akan mendapatkan hasil yang terukur apabila telah membangun kesadaran, meningkatkan pengakuan, mengomunikasikan keunikan dan kualitas, dan memperlihatkan perbedaan dengan kompetitor. Brand equity merupakan seperangkat aset yang berhubungan dengan nama dan simbol merek dan dapat menambah maupun mengurangi nilai merek tersebut baik pada perusahaan ataupun pelanggan. Seperangkat aset yang dimaksud adalah brand awareness, brand loyalty, perceived quality, dan brand associations. Nutriology mengampanyekan mulai gaya hidup sehat dengan mengonsumsi makanan sehat melalui media sosial. Saat ini brand Nutriology telah berada pada tahap brand awareness dikarenakan telah banyak yang mengetahui tentang brand dan melakukan pembelian, namun masih kurang pada tahap brand loyalty, hal ini terlihat dari tingkat repeat order yang belum stabil, masih banyak yang hanya mencoba-coba atau hanya melakukan sekali pembelian produk Nutriology. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan brand loyalty Nutriology melalui perancangan sebuah video promosi. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data secara kualitatif dengan tujuan menghasilakan data yang bersifat deskriptif melalui respon dan reaksi audiens dan targetnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Video promosi yang berhasil dirancang memiliki durasi 50 detik. Video promosi ini memiliki konsep menjelaskan kelebihan dari produk granola Nutriology yang terletak pada ingredient atau komposisi biji dan buah yang digunakan, informasi menu kombinasi yang cocok untuk granola Nutriology, tingkat kehigienisan proses produksi, berbagai diskon yang ditawarkan, hingga service yang diberikan. Pengupasan tuntas tentang kelebihan produk Nutriology diharapkan dapat meningkatkan antusiasme dan kepercayaan pelanggan sehingga memiliki loyalitas pada brand. Audio dan visual dari video juga disesuaikan dengan keyword yang telah ditentukan guna meningkatkan presentase keberhasilan video promosi.

Keywords: brand loyalty, loyalitas pelanggan, nutriology, video promosi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id