PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN KONSTRUKTIF SEBAGAI UPAYA PENGENALAN BENTUK GEOMETRI PADA SISWA TK SUNAN GIRI SURABAYA

Bening Febrian, Siswo Martono, Darwin Yuwono Riyanto

Abstract


Mengenal bentuk-bentuk geometri pada anak usia dini merupakan karakteristik dalam perkembangan kognitif anak. dengan mengenal bentuk geometri anak dapat berfikir secara logis dan sistematis. Pengenalan bentuk geometri di TK Sunan Giri Surabaya masih belum optimal, masih banyak siswa belum mengerti dan memahami bentuk geometri. Tujuan dari penelitian adalah merancang media pembelajaran permainan konstruktif untuk mengenalkan bentuk geometri pada siswa TK Sunan Giri Surabaya. Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan sumber dari observasi, wawancara, studi kompetitor, studi literasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil analisis yang didapat maka diperoleh kata kunci “active” yang menunjukan kreativitas ide, semangat, inovasi baru, sehingga bisa tercipta suasana belajar yang lebih aktif, bersemangat, dan menyenangkan bagi siswa dan guru. Dalam penelitian ini, akan difokuskan merancang permainan geometri dengan karakter hewan yang disukai anakanak seperti gajah, burung hantu, harimau. Media pembelajaran permaianan konstruktif ini dirancang menggunakan kayu palet dan menggunakan magnet sebagai penghubung antar bagian mainan serta penggunaan media pendukung lainnya seperti buku manual dan aktivitas, stiker serta kemasan. Harapanya penelitian ini dapat disebar luaskan dan dapat membantu guru dan orang tua dalam mengenalakan bentuk geometri, melatih kemampuan kognitif serta sebagai alternatif media pembelajaran pengenalan bentuk-bentuk geometri.

Kata kunci : Media Pembelajaran, Permainan Konstruktif, Geometri


Refbacks

  • There are currently no refbacks.