PERANCANGAN MEDIA KAMPANYE SOSIAL MENTAL HEALTH BERBASIS VIDEO MOTION COMIC SEBAGAI UPAYA MENJAGA KEJIWAAN PARA REMAJA PASCA PANDEMI COVID-19

Martin Stevanus Muli, Muhammad Bahruddin, Karsam Karsam

Abstract


Pandemi COVID-19 tidak hanya menelan banyak korban secara fisik tetapi juga kesehatan mental. Langkah-langkah penahanan pandemi seperti karantina, social distacing, dan isolasi mandiri dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan mental. Penelitian ini menggunakan metode penelitian yaitu kualitatif. Data metode kualitatif didapatkan dari penelitian yang berkembang sesuai dengan kenyataan dilapangan, perpestif realitas juga dapat mendukung data lapangan yang ada . Untuk mengumpulkan data ini ada beberapa teknik pengumpulan data yang berupa observasi, wawancara, dan studi literatur sebagai data pendukung yang menguatkan perancangan kampanye sosial ini. Merancang sebuah media kampanye sosial berbasis video motion comic untuk menjaga kesehatan mental pada remaja usia 15-24 tahun pasca pandemi COVID-19 adapun hal-hal yang harus diperhatikan dalam mengemas sebuah permasalahan sosial kedalam bentuk video motion comic. Pada pembahasan kali ini hal yang dimaksud adalah kesimpulan dari permasalahan sosial yang sedang terjadi dan cara memberikan solusi yang sesuai dengan tepat. Perancangan media kampanye sosial mental health berbasis video motion comic ini diharapkan menjadi salah satu sumber refrensi dalam menjaga kesehatan mental pada remaja untuk lebih menjaga kesehatan mentalnya dalam kehidupan sehari-hari, dan untuk secara media video motion comic sendiri diharapkan untuk menjadi inovasi baru dalam penggunaan media baru untuk kampanye sosial.


Kata Kunci: Media Kampanye Sosial, Motion Comic, Mental Health


Refbacks

  • There are currently no refbacks.