PERANCANGAN BUKU ESAI FOTOGRAFI SEBAGAI MEDIA PROMOSI KAMPUNG LAWAS MASPATI SEBAGAI UPAYA MEMPERKENALKAN CAGAR BUDAYA KOTA SURABAYA

Aditya Kusuma Wardhana, Dhika Yuan Yurisma, Karsam Karsam

Abstract


Latar belakang dan tujuan dari perancangan Media Promosi dalam bentuk Buku Esai Fotografi Kampung Lawas Maspati yaitu untuk memperkenalkan cagar budaya dan nilai sejarah yang ada pada bangunan tersebut kepada masyarakat kota Surabaya karena data yang didapat setelah menunjukkan hasil kecilnya angka dari seberapa tau warga Surabaya tentang Kampung Lawas Maspati dan cagar budaya yang ada didalamnya. Disamping itu, ternyata setelah dilakukan observasi dan pengumpulan data ternyata cagar budaya yang ada di Kampung Lawas Maspati memiliki nilai sejarah yang harus tetap dijaga dan dilestarikan supaya generasi-generasi yang akan datang dapat mengetahui sejarah yang pernah ada pada kampung tersebut. Maka berdasarkan dari latar belakang dan tujuan tersebut maka penelitian ini akan merancang Buku Esai Fotografi Sebagai Media Promosi Kampung Lawas Maspati Sebagai Upaya Memperkenalkan Cagar Budaya Kota Surabaya. Kemudian setelah mendapatkan data-data yang mendukung, kemudian menuju ke tahap reduksi data dan pencarian Key Communication Message yang akan mengantarkan perancangan ini untuk menemukan konsep sebagai acuan proses kreatif. Tidak hanya berupa buku Esai Fotografi, pada perancangan ini juga akan dibuatkan media pendukung lainnya seperti poster, banner, x-banner, feed Instagram dan brosur. Diharapkan dengan adanya promosi dengan media utamanya yaitu Buku Esai Fotografi dan media pendukungnya, Kampung Lawas Maspati dapat menjadi potensi baru yang mampu memikat minat masyarakat untuk datang berkunjung di Kampung Lawas Maspati, Surabaya.

Kata Kunci : Buku Esai, Fotografi, Cagar Budaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.