PERANCANGAN VIDEO PROMOSI DESA PUHSARANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND RECALL

M. Adi Kurniawan, Karsam Karsam, Dhika Yuan Yurisma

Abstract


Desa Puhsarang merupakan sebuah desa yang terletak di lereng gunung Wilis, tepatnya di kecamatan semen, Kabupaten Kediri yang berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Kediri. Desa ini di kenal oleh masyarakat sebagai objek wisata religi bagi kaum nasrani, khususnya mereka yang memeluk agama khatolik. Di desa Puhsarang terdapat sebuah gereja tua yang di bangun pada tahun 1936 oleh Romo Jan Wolters CM dengan bantuan arsitektur ternama Ir. Henri Maclaine Pont. Selain gereja, di desa ini terdapat Gua Maria Lourdes yang dapat menjadikan desa ini sebagai wisata religi dengan potensi yang kuat. Namun sebagian besar masyarakat luar daerah Kediri tidak mengenal lebih jauh tentang desa Puhsarang, karna selama ini mereka hanya mengenal Puhsarang sebagai wisata Religi. Terdapat tiga jenis wisata yang dapat di kunjungi dari Desa Puhsarang ini, yaitu wisata religi, wisata edukasi, dan wisata alam. Selain itu jumlah penurunan pengunjung dapat di sebabkan karna adanya wisata pesaing di daerah Kediri yang tidak kalah menarik dari desa Puhsarang. Oleh karna itu dengan tujuan mengingatkan kembali kesadaran konsumen terhadap wisata desa Puhsarang dengan mengenalkan keunggulan yang dimiliki desa Puhsarang saat ini, maka solusi yang di tawarkan peneliti adalah merancang sebuah video promosi guna meningkatkan brand recall. Menurut Durianto dkk (2004:6), Brand recall adalah tingkatan pengingatan kembali terhadap merek tanpa bantuan karena konsumen tidak perlu dibantu untuk mengingat sebuah merek. Perancangan ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi, studi literatur, dan studi kompetitor.

Kata Kunci : Desa Puhsarang, Video Promosi, Brand Recall


Refbacks

  • There are currently no refbacks.