PERANCANGAN BRANDING PERUSAHAAN BATIK GAJAH MUNGKUR GRESIK SEBAGAI UPAYA MENGENALKAN PRODUK BUDAYA LOKAL KEPADA MASYARAKAT

Khafid Alfahillah, Siswo Martono, Muhammad Bahruddin

Abstract


Batik Gajah Mungkur merupakan nama dari perusahaan yang bergerak dibidang pembuatan dan penjualan batik khas Gresik. Perusahaan yang sudah ada sejak 1950 dan pernah mengalami masa-masa berhenti berproduksi. Ditahun 2016 perusahaan ini mulai kembali berproduksi, namun hingga saat ini perusahaan Batik Gajah Mungkur belum ada yang membranding dan belum adanya identitas yang kuat dalam mempromosikannya. Dari permasalahan tersebut dapat disimpulkan bahwa perusahaan Batik Gajah Mungkur memerlukan sebuah identitas untuk meningkatkan cinta dan membuatnya dikenal oleh masyarakat. Maka dibutuhkan adanya tindakan branding sebagai upaya mengenalkan kepada masyarakat dengan pembuatan identitas yang sesuai dengan visi, misi, dan tujuan dari perusahaan. Dari permasalahan yang ada, maka dilakukannya perancangan branding perusahaan Batik Gajah Mungkur Gresik sebagai upaya mengenalkan produk budaya lokal kepada masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi, studi literatur, dan studi kompetitor. Hasil dari penelitian ini yang diperoleh dari berbagai tahapan hingga ditemukan sebuah konsep perancangan yaitu “warisan” dimana hasil dari semua perancangan bisa menggambarkan suatu warisan budaya Indonesia yaitu batik, hasil dari perancangan meliputi logo untuk perusahaan, brand guidelines, implementasi media, serta media promosi, video promosi, dan katalog. Dengan adanya perancangan ini diharapkan bisa menjadi pedoman untuk perusahaan Batik Gajah Mungkur Gresik untuk berpromosi, serta penerapan hasil rancangan branding yang baru untuk perusahaan ini bisa mengenalkan kepada masyarakat akan adanya Batik Gajah Mungkur.

Kata Kunci : Branding, Batik, Media Promosi, Batik Gajah mungkur.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.