PERANCANGAN VIDEO PROMOSI KULINER KHAS SUMENEP SEBAGI UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN

Ahmad Nurfaizi, Siswo Martono, Dhika Yuan Yurisma

Abstract


Kabupaten Sumenep merupakan kabupaten yang terletak di paling timur dari Pulau Madura. Kabupaten Sumenep memiliki banyak destinasi wisata, mulai dari wisata buatan, sejarah hingga kuliner. Banyak dari masyarakat yang belum sadar akan kebedaraan kuliner khas Sumenep apalagi peran pemerintah baru pada tahun 2019 mengadakan festival kuliner khas Sumenep. Dari paparan data tersebut, diperoleh solusinya yaitu mempromosikan kuliner khas Sumenep dengan media video. Dengan maksud dan tujuan memperkenalkan kuliner khas Sumenep kepada masyarakat luas akan keberadaan kuliner khas Sumenep. Oleh sebab itu, akan dilakukan perancangan video promosi untuk meningkatkan jumlah wisatawan di Kabupaten Sumenep. Metode penelitian yang di ambil yaitu kualitatif yang bersumber dari observasi, wawancara, dokumentasi, studi literatur. Setelah di lakukan analisa, maka ditemukan lah keyword yaitu ‘special’, yaitu perancangan video promosi ke depannya akan menggunakan hasil dari keyword ‘special’ yang mengartikan keistimewaan dari kuliner khas Sumenep mulai dari bahan baku sampai penyajian. ‘special’ memiliki arti beberapa kata, yakni: istimewa, khusus, khas sehingga warna yang akan di gunakan ‘hard’ yang menjadi dasar dari perancangan Video Promosi Kuliner Khas Sumenep ini. Hasil akhir pada perancangan ini yaitu di upload di media sosial (Instagram dan youtube) serta media pendukung seperti X-Banner, Poster, Sticker, Gantungan Kunci

Kata Kunci : Video promosi, Kuliner khas Sumenep, Destinasi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Publisher : Universitas Dinamika 
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id