PERANCANGAN VIDEO GUIDE BERUPA FLAT ANIMATION SEBAGAI UPAYA PENGENALAN VIDEO GAME RATING SYSTEM KEPADA REMAJA USIA 12 – 16 TAHUN

Dandy Achmad Putra, Hardman Budiardjo, Siswo Martono

Abstract


Video Game Rating System di Indonesia mempunyai permasalahan yaitu, Banyak dari para remaja dengan usia 12 – 16 tahun yang kurang aware dengan Video Game Rating System bahkan ada juga yang tidak mengerti tentang apa itu Video Game Rating System. Dari permasalahan tersebut tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi tentang adanya Video Game Rating System yang ada khususnya di Indonesia agar para remaja dengan usia 12 – 16 tahun lebih aware dan lebih paham dengan adanya Video Game Rating System. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi yang nanti dari pengumpulan data akan diambil untuk penunjang penelitian. Hasil karya yang saya buat membahas tentang Video Game Rating System yang berbasis Video Guide dengan gaya Flat Animation diharapkan mampu memberikan informasi tentang Video Game Rating System kepada para remaja dengan usia 12 – 16 tahun agar mereka mengerti tentang adanya Video Game Rating System dan juga lebih peduli dengan regulasi Video Game yang ada. Konsep perancangan karya ini diambil berdasarkan Key Communication Message dimana mendapatkan kata kunci “Knowledge” yang tepat untuk perancangan karya ini. Video Guide ini sendiri akan di implementasikan pada media smartphone yang friendly atau mudah digunakan dan juga akses yang sangat mudah, dan juga disini terdapat beberapa media pendukung seperti X-Banner, Poster, Lanyard, Botol Tumbler, dan juga mousepad. Diharapkan dari adanya media pendukung akan menjadi nilai tambah untuk menarik para audience atau para remaja dengan usia 12 – 16 tahun.

Kata kunci: Video Guide, Video Game Rating System, Flat Animation


Refbacks

  • There are currently no refbacks.