PERANCANGAN BUKU FOTOGRAFI ESAI SEBAGAI MEDIA PROMOSI WISATA KULINER KABUPATEN BANGKALAN GUNA MENINGKATKAN DAYA TARIK WISATAWAN
Abstract
Menurut data dari Dinas Pariwisata Provinsi Jawa Timur pada tahun 2018-2019 bahwa tingkat pergerakan wisata baik dari kunjungan atau daya Tarik, serta akomodasi di Bangkalan paling rendah dibandingkan daerah-daerah lain di Jawa Timur. Tercatat pada angka kunjungan jumlah wisatawan luar negeri hanya 2 orang dan wisatawan dalam negeri hanya 2.965 orang dalam satu tahun. Masih terhitung sedikit bahkan jika dibandingkan dengan beberapa kabupaten lainnya di pulau Madura, seperti Kabupaten Sumenep yang terletak cukup jauh dari kota Surabaya memiliki angka kunjungan wisatawan luar negeri 99 orang dan wisatawan dalam negeri 40.091 orang dalam setahun, atau Kabupaten Sampang Padahal secara fakta, Bangkalan disebut sebagai kawasan metropolitan atau disebut juga Gerbangkertosusila, dimana semua pusat pemerintahannya ada di Kabupaten Bangkalan. (id.wikipedia.org) Winogrand adalah salah seorang street photographer yang menyatakan bahwa fotografi adalah kegiatan untuk mengapresiasi suatu objek pada suatu media akan berperan pada subjek yang dituju untuk mendeskripsikan sebagaimana adanya. (Howard, 2010:259) dan foto esai menurut sugiarto harus memiliki opini atau diciptakan berdasarkan sudut pandang pengambil gambar. Salah satu jenis foto still life memiliki tujuan menangkap momen objek yang berupa alam atau benda mati agar terlihat hidup. Untuk pemilihan Media salah satu media berdasarkan strategi promosi yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan daya Tarik dari target yang dituju berupa visual. Melalui penelitian kualitatif dengan bentuk deskriptif yang diakan dilakukan dengan beberapa tahap pengumpulan data yaitu observasi, studi literature, wawancara, serta dokumentasi kemudian dilakukan analisis data dan reduksi data sehingga ditemukan kata kunci “worthwhile” yang akan diimplementasikan dalam pada strategi kreatif perancangan media promosi buku Esai Fotografi yang juga disertai media pendukung berupa Poster, Baliho, XBanner, dan merchandise lainnya. Sebagai kesimpulan diharapkan dapat menyampaikan pesan promosi tentang wisata kuliner dari makanan khas Bangkalan guna meningkatkan minat dan menciptakan daya tarik baru pada pariwisata Kabupaten Bangkalan.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Publisher : Universitas Dinamika
Raya Kedung Baruk 98
Surabaya 60298
T 031 - 8721731
F 031 - 8710218
E official@dinamika.ac.id
http://www.dinamika.ac.id