PERANCANGAN DESTINATION BRANDING DESA WISATA JUGO KABUPATEN KEDIRI SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Dimas Wahyu Aditya, Dhika Yuan Yurisma, Siswo Martono Martono

Abstract


Desa Jugo merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri, tepatnya berada dilereng Gunung Wilis. Dikarenakan letak geografisnya, Desa Jugo memiliki potensi pariwisata yang melimpah terutama untuk wisata alam. Namun karena kurangnya informasi yang diperoleh masyarakat menjadikan Desa Jugo tidak terlalu dikenal walaupun memiliki air terjun yang menjadi destinasi andalan Kediri. Dari permasalahan tersebut dapat disimpulkan bahwa Desa Jugo memerlukan sebuah identitas untuk meningkatkan citra dan menunjukan eksistensinya. Dari permasalahan tersebut, dilakukanlah penelitian yang berjudul perancangan destination branding sebagai upaya meningkatkan brand awareness. Metode yangudigunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan data-data berasal dari observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi literatur. Dari hasil analisis dan pengolahan data ditemukan sebuah keyword yang menjadi konsep dasar perancangan yaitu “Captivating” dimana perancangan berfokus pada menunjukan keindahan dan keunikan yang menawan dan attractive. Hasil perancangan berupa elemen visual yang diimplementasikan pada media seperti stationery set, media promosi dan merchandise

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.