PERANCANGAN DESTINATION BRANDING DESA AMADANOM KABUPATEN MALANG SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN BRAND AWARENESS

Chania Putri Lestari, Dhika Yuan Yurisma, Siswo Martono Martono

Abstract


Desa Amadanom adalah desa yang berlokasi di kecamatan Dampit kabupaten Malang. Desa Amadanom memiliki potensi wisata yang cukup menonjol yakni wisata kebun kopi Amadanom dengan kermahan masyarakat serta keasrian alamnya. Namun, kurangnya jumlah kunjungan dan kurangnya informasi menjadi kendala masyarakat kurang mengenal desa Amadanom. Dari permasalahan yang didapat adalah tidak kuatnya citra yang menjadikan tempat wisata itu dikenal oleh masyarakat luas. Sebagai upaya memperkenalkan desa Amadanom dilakukan sebuah cara destination branding untuk mengemas desa Amadanom sebagai lokasi wisata. Oleh karena itu, penelitian ini mempunyai tujuan untuk melakukan perancangan destination branding untuk meningkatkan brand awarness Desa Amadanom. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif yang bersumber dari wawancara, observasi, dokumentasi dan studi literatur. Dari analisis tersebut, maka ditemukan kata kunci yaitu “authentic” yang menunjukkan bahwa perancangan ini ingin menunjukan keaslian dari suatu daerah akan sumber daya alam dan manusia sesuai karakteristik dan potensi desa Amadanom. Keyword “authentic” berkaitan dengan kata asli atau keaslian sehingga ditemukan warna “Fresh” yang menjadi dasar perancangan dalam destination branding. Hasil perancangan ini diimplementasikan menjadi beberapa media yaitu graphic standard manual, stationery, merchandise dan media promosi.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.